Bangkitkan Ekonomi Sumut, OJK Gelar UMKM Ekspo dan Pelatihan

Kegiatan UMKM Expo dan Pelatihan UMKM di Medan. Ist

Fokusmedan.com : Otoritas Jasa Keuanga  (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara
menyelenggarakan kegiatan UMKM Expo dan Pelatihan UMKM di Mall Center Point Medan. Kegiatan yang digelar selama 7 hari mulai 15 – 21 November 2021 ini diharapkan membangkitkan kembali perekonomian Sumatera Utara khususnya di sektor UMKM.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di wilayah Sumatera Utara yang bertemakan “UMKM TOBA VAGANZA, Satu Dasawarsa OJK: UMKM Bangkit Ekonomi Tumbuh”yang telah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun pada 12 November 2021.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori mengatakan, OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan, Pemerintah Daerah, dan seluruh stakeholder terkait terus berupaya keras dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Sumut agar kembali bangkit.

“Acara UMKM Expo dan Pelatihan UMKM di Kota Medan ini diisi oleh pameran lebih dari 40 produk UMKM binaan Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, Bank Sumut, dan Bank Mestika, serta Bank Wakaf Mikro, dan marketplace UMKM-MU OJK, meliputi produk kerajinan tangan, fashion, perdagangan hasil bumi, maupun kuliner khas Kota Medan dan Sumatera Utara,” ujar Yusup.

Yusup menambahkan bahwa selain pameran produk UMKM unggulan, pelaku UMKM juga akan mendapatkan pelatihan pengembangan usaha dengan 15 topik yang akan digelar secara intensif antara lain UMKM Go Digital, inkubasi bisnis dan manajemen product UMKM, pencatatan keuangan digital, akses pembiayaan UMKM Naik Kelas, UMKM Go-Export, akses keuangan syariah, branchless banking, mitigasi risiko bisnis UMKM, waspada investasi ilegal dan pinjaman online ilegal, hingga edukasi dan literasi keuangan.

Pelatihan ini diisi oleh berbagai narasumber dari OJK dan Perbankan seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Askrindo, LPEI, BRI, Bank Sumut, Bank Mestika, PNM, UMKM-MU OJK serta startup keuangan yaitu Chatat.id.

Yusup menghimbau agar seluruh pimpinan dan karyawan/karyawati Industri Jasa Keuangan dan masyarakat Kota Medan dapat mendukung dan memeriahkan acara ini dengan berpartisipasi membeli produk-produk UMKM unggulan yang dihadirkan dalam pameran ini.

“Besar harapan kami acara ini dapat memberikan dukungan kepada pengembangan usaha pelaku UMKM, agar dapat membangkitkan kembali perekonomian demi mewujudkan Sumatera Utara yang Maju, Aman, dan Bermartabat,” tutup Yusup.(ng)