Peringatan HKN, Dinkes Sumut Targetkan Pelayanan Kesehatan Merata

Fokusmedan.com : Dinas Kesehatan Provinsi Sumut menargetkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut drg Ismail Lubis kepada wartawan di sela puncak peringatan HKN ke 57 di Hotel Rodison Jalan Adam Malik Medan, Jumat (12/11/2021).

“Untuk melalui program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) persentase masyarakat Sumut yang telah tercover BPJS Kesehatan sudah hampir mencapai 70 persen melalui dana pembiayaan provinsi maupun kabupaten/kota,” sebutnya.

Ia menjelaskan, melalui peringatan HKN diharapkan mampu menggerakkan masyarakat berperilaku hidup sehat dan ikut vaksinasi serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau dalam rangka penanganan Covid-19 saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen kesehatan, elemen masyarakat yang sudah berperan aktif dalam menghadapi memutus mata rantai Covid-19,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjutnya, kondisi Covid-19 di Sumut jauh mengalami penurunan yang diiringi dengan meningkatnya angka kesembuhan.

Begitu pula dengan BOR (Bed Occupancy Rate) rumah sakit telah menurun dan capaian vaksinasi di Sumut hingga November sudah mencapai 52 persen untuk dosis pertama dan 33 persen untuk dosis kedua.

Sedangkan terkait ketersediaan stok vaksin pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gubernur Sumut.

“Untuk masing-masing kabupaten/kota kita membutuhkan 3.192.000 dosis. Stok saat ini ada sekitar 400.000 yang juga akan segera diambil oleh kabupaten/kota,” tandasnya.(riz)