Banjir di Sergai Rendam Empat Kecamatan dan 5600 Rumah

Ist/fokusmedan.com

Fokusmedan.com : Banjir yang melanda Kabupaten Serdangbedagai (Sumatera Utara) sejak dua Minggu yang lalu kian makin meluas. Meluasnya banjir ini, dikarenakan curah hujan yang tinggi dan meluapnya Sungai Bedagai.

“Update terkini kondisi debit air banjir kita bertambah sekitar 20-30 centimeter untuk kecamatan Sei Rampah,” ujar Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik, Rabu (10/11/2021).

Sedangkan data yang terbaru, Desa Sei Rampah menjadi salah satu desa yang rumah warganya paling banyak terendam banjir.

“Untuk Desa Sei Rampah yang sebelumnya 1052 sekarang sudah 1800 rumah yang berdampak,” ujar Rahmat.

“Kita dari pemerintah, kita tetap mengevaluasi apa-apa saja yang dibutuhkan warga, sekarang kita mengevakuasi warga yang masih berada di dalam rumah, kita pindahkan ke posko yang sudah dirikan,” sambungnya.

Untuk kesehatan warga, Rahmat menambahkan Pemkab Sergai setiap hari melakukan pengecekan kepada setiap-tiap warga yang rumahnya terendam banjir.

“Kita kontrol setiap hari, dan ada mobil puskesmas yang keliling, dan untuk bahan baku makanan juga kita kontrol setiap hari juga,” ujar Rahmat.

Sementara itu, Kepala BPBD Sergai, Henri Suharto mengatakan, banjir di Sergai sudah melanda empat kecamatan.

“Sudah empat kecamatan yang terdampak banjir. Adapun keempat kecamatan tersebut, Desa Mariah Padang, Kecamatan Tebingtinggi, Desa Marjanji Kecamatan Sipispis, Kecamatan Tanjung Beringin, dan Kecamatan Sei Rampah,” ujar Henri.

Total rumah yang terendam banjir, Henri mengakatan sudah sekitar 5600 rumah yang terendam.

“Dari empat kecamatan itu, 5600 rumah sudah terendam banjir,” tutup Henri.

 

(Ri)