Partai Buruh Sumut Siap Verifikasi Menjadi Peserta Pemilu 2024

Pengurus Exekutif Komite Partai Buruh berkunjung ke Kantor KPU Sumut. Ist

Fokusmedan.com : Partai Buruh Sumatera Utara (Sumut) sudah siap untuk melakukan verifikasi menjadi peserta Pemilu tahun 2024 mendatang. Kesiapan tersebut ditandai dengan akan diserahkannya SK kepengurusan partai buruh Sumut untuk priode 2021-2026 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Partai Buruh Sumut Willy Agus mengatakan, akan menyerahkan foto copy SK kepengurusan partai buruh Sumut untuk priode 2021-2026. Dan berharap kepada pihak KPU Sumut agar ke depanya dapat melibatkan partainya guna mengetahui perkembangan dan informasi seputar Pemilu.

“Kami sampaikan selain silaturahmi, partai buruh Sumut sudah ada di 30 Kabupaten/Kota, 30 % Kecamatan. November akhir InshaAllah kita lengkapi semua persyaratan lainya,” katanya di sela kunjungan silaturahmi ke Kantor KPU Provinsi Sumut di jalan Printis Kemerdekaan Medan, Senin (8/11/2021).

Kunjungan silaturahmi ini dipimpin langsung oleh Ketua Partai Buruh Sumut Willy Agus Utomo bersama Sekretarisnya Ijon Hamonangan Tuah Purba dan dua orang pengurus lainya. Mereka diterima langsung oleh Ketua KPU Sumut Herdensi dan Anggota Komsioner Batara Manurung.

Ke depan, kata Willy, pihaknya berharap KPU Sumut bisa memberikan informasi khususnya pra syarat verifikasi sebagai peserta Pemilu. Sehingga, lanjutnya, partai buruh dapat melengkapi sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Herdensi, juga mengapresiasi kunjungan silaturahmi partai buruh Sumut. Pihaknya berjanji akan melibatkan partai buruh dalam mendapatkan informasi bahkan penyuluhan terkait peserta pemilu.

“Ke depan semua tahapan akan kita kabari pada partai buruh, harapanya teman-teman segera mempersiapkan syarat menjadi peserta Pemilu sesuai regulasi yang sudah ada, nanti ketika di verifikasi semua kelengkapan sudah terpenuhi. Intinya KPU memberlakukan sama semua tanpa ada perbedaan, baik partai baru dan partai lama,” ujar Herdensi didampingi Batara Manurung anggota komisioner KPU Sumut.

Herdensi menambahkan, seputar perkembangan tahapan Pemilu dan jadwal verifikasi peserta pemilu, pihaknya hingga kini masih menunggu Intruksi dari KPU pusat.

“Masih kita tunggu tahapan itu, kemungkinan kalau tidak Februari atau April 2022, karena PKPU yang mengatur itu belum diketok pusat, kita tunggu arahan dari KPU Pusat nantinya,” papar Herdensi.(ng)