Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.260 per USD

Fokusmedan.com: Nilai tukar (kurs) Rupiah ditutup  menguat di level Rp 14.260 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.331 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah direntang Rp14.240 hingga Rp14.290 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pertumbuhan ekonomi di kuartal keempat 2021 kemungkinan akan tumbuh lebih baik jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga 2021 yaitu antara 3,5 persen sampai 4 persen (year on year).

“Perkiraan tersebut didasarkan oleh beberapa pertimbangan yakni dorongan Natal dan Tahun Baru yang masih lemah dan masih adanya ancaman Covid-19 gelombang ketiga serta ekspor komoditas yang melonjak,” ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Senin (8/11).

Momen Natal dan tahun baru pada akhir tahun ini diperkirakan tak terlalu mendorong aktivitas ekonomi di kuartal keempat 2021, karena pemerintah masih akan menahan mobilitas dengan menghapuskan libur cuti bersama pada Natal.

“Dengan demikian, penghapusan libur tersebut akan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat, baik di sektor pariwisata, maupun makanan dan minuman serta ancaman gelombang ketiga Covid-19 di akhir tahun juga menyebabkan beberapa sektor tidak bisa beroperasi 100 persen,” jelasnya.

Kemudian salah satu yang akan menopang pertumbuhan ekonomi kuartal keempat 2021 adalah harga komoditas unggulan Indonesia yang kini melanjutkan lonjakan harga akan menjadi angin segar bagi ekspor dalam jangka pendek sampai akhir tahun

“Permintaan dari negara mitra dagang utama seperti China, Jepang dan Amerika Serikat menjadi kunci momentum ekspor,” tandas Ibrahim.(yaya)