20/04/2024 5:07
SUMUT

YAFSI Dorong Pemuda Aktif di Sektor Pertanian

Para peserta saat menanam padi di Desa Denai Lama, Deli Serdang. Ist

Fokusmedan.com : Minimnya minat pemuda dalam pertanian di era saat ini, membuat Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mendorong puluhan pemuda di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang menjadi petani pemuda yang berkarakter.

Ketua YAFSI Badriyah mengatakan, peran pemuda dalam sektor pertanian sangat diharapkan. Karena salah satu masalah pertanian saat ini adalah kurangnya minta para pemuda di sektor pertanian.

“Untuk mendukung potensi pemuda dalam bidang pertanian ini, YAFSI memberikan pelatihan pertanian, manajemen, dan kepemimpinan,” ujarnya, Sabtu (6/11/2021).

Dalam kegiatan pelatihan pertanian, manajemen dan kepemimpinan ada 30 peserta dari 4 desa yang dilatih. “Selama 2 hari mereka akan kamping bersama di sini (Denai Lama) dengan memperhatikan protokol kesehatan, seluruh peserta dan panitia yang terlibat juga dilakukan swab,” ucap Badriyah.

Menurut Badriyah, Desa Denai Lama memiliki potensi menjadi desa wisata berbasis agrowisata.

“Kita mendorong pemuda setempat untuk berperan aktif dalam bidang pertanian. Harus ada regenerasi petani saat ini, harapannya mereka menjadi petani millenial berkarakter,” terangnya.

Dalam kegiatan ini juga puluhan pemuda yang dilatih turun ke sawah untuk menanam padi, dan belajar mengolah padi mulai dari menyemai, pembibitan, menanam, perawatan dan panen.

YAFSI turut serta mewujudkan Generasi Muda Pertanian yang berkarakter dan berdaya saing dengan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia tahun 2021.(ng)