Gastronomi Jadi Potensi Utama Pariwisata Kota Medan

Kegiatan FGD Kemenparekraf RI bersama Poltekpar Medan di Medan. Ist

Fokusmedan.com : Keberagaman kuliner di Kota Medan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk berkunjung. Sebab itu, Medan dengan 33 kabupaten kota ini memiliki potensi gastronomi yang cukup besar untuk didukung perkembangannya oleh semua pihak.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suryono mengatakan, Kota Medan memiliki aneka jenis kuliner yang terkenal dua jenis yakni enak dan sangat enak. Namun, meski kaya aneka kuliner belum ada gastronomi yang melekat di kuliner tersebut.

“Ini justru menjadi sesuatu kekuatan baru untuk mengembangkan kuliner di Kota Medan seiring dengan pengembangan budaya. Kuliner di Kota Medan banyak yang terkenal, ada ratusan dan ini merupakan potensi gastronomi,” katanya di acara Focus Group Discussion (FGD) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bersama Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan di Medan, Selasa (2/11/2021).

Tentunya, kegiatan FGD ini dapat medukung perkembangan kuliner di Kota Medan. Diharapkan diskusi ini menghasilkan kesimpulan yang dapat mendorong masyarakat untuk lebih memberdayakan potensi kuliner tidak hanya pariwisata tetapi untuk perekonomian secara umum.

“Semua ada di Medan. Sate padang, ada, martabak dari Mesir juga ada. Ini lah yang sedang kita kerjakan sesuai program pak Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk memulai membangkitkan UMKM kita khususnya ekonomi kreatif yang akan menjadi salah satu destinasi wisata di Medan,” ujarnya.

Wakil Direktur I Poltekpar Medan, Femmy Dalimunthe menambahkan, banyak hal potensi gastronomi di Kota Medan yang bisa digali apalagi aneka kuliner di Medan lengkap.

“Poltekpar Medan bekerja sama dengan Universitas Pelita Harapan Jakarta menggelar FGD ini dengan tujuan mengidentifikasi gastronomi di Kota Medan. Diharapkan kontribusi dari akademi ini dapat mendukung gastronomi di masa yang akan datang,” pungkasnya.(ng)