5 Orangutan Jalani Sekolah Hutan di Jambi

Orangutan jalani sekolah hutan di Jambi. Ist

Fokusmedan.com : Lima individu Orangutan (Pongoo Abelii) diberangkatkan BBKSDA Sumut untuk diserahterimakan kepada BBKSDA Jambi dan nantinya akan dilepasliarkan.

Kelima orangutan ini diangkut melalui jalan darat, pada Senin (25/10/2021) malam. Menempuh perjalanan sejauh lebih kurang 36 jam untuk tiba di Jambi, tepatnya di Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tigapuluh yang dikelola oleh Frankfurt Zoologi Society (FZS), Rabu (27/10/2021).

Di FZS, kelima Orangutan akan menjalani forest school (sekolah hutan) sebelum petugas melepasliarkan satwa yang dilindungi itu ke alam.

Staf bagian Humas BKSDA Sumut, Andoko Hidayat kepada wartawan menjelaskan 5 Orangutan ini menjalani rehabilitasi di Pusat Karantina
Orangutan Sumatera (PKOS) Batu Mbelin yang dikelola Yayasan Ekosistem Lestari-Sumatran Orangutan Conservation Program (YEL-SOCP), mitra kerja sama BBKSDA Sumut.

“Kondisi kelima orangutan ini sebelum
diberangkatkan dari hasil pemeriksaan tim medis YEL-SOCP dipastikan dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19,” kata Andoko, Jumat (29/10/2021).

Ia menjelaskan adapun kelima Orangutan ini masing-masing, Deka, berkelamin jantan, berumur 6 tahun, berasal dari Medan Sumatera Utara dan berada di PKOS sejak tanggal 27 Juli 2016.

Tesi, betina berumur 6 tahun, berasal dari Patumbak Sumatera Utara dan berada di PKOS sejak tanggal 6 Januari 2017.

Ipin, jantan 6 tahun, berasal dari Animal Sanctuary Trush Indonesia (ASTI) Jawa Barat dan berada di PKOS sejak tanggal 17 Januari 2017.

Dupa, betina 6 tahun, berasal dari Dumai Riau dan berada di PKOS sejak tanggal 27 Juni 2019. serta Marelan, jantan, berasal dari Marelan Sumatera Utara dan berada di PKOS sejak
tanggal 25 Nopember 2019.

“Selanjutnya kelima Orangutan tersebut dititipkan sementara di kandang reintroduksi milik FZS untuk menjalani forest school, sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke
habitatnya,” tukasnya.

(Rio)