Curah Hujan Tinggi, KAI Divre Sumut Sediakan AMUS di 17 Titik

KAI Divre Sumut sediakan AMUS di 17 titik stasiun. Ist

Fokusmedan.com : Menghadapi intensitas curah hujan yang tinggi saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut melakukan berbagai langkah antisipasi untuk meminimalkan gangguan yang dapat menghambat perjalanan KA. Upaya pencegahan tersebut di antaranya menyiagakan petugas khusus di sejumlah titik rawan dan menyediakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun.

“Kami menyiagakan petugas selama 24 jam serta menyebar AMUS di berbagai titik agar perjalanan kereta api di Divre I Sumut tetap beroperasi dengan lancar tanpa ada hambatan di musim hujan ini,” terang Vice President KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan.

Divre I Sumut saat ini memiliki 16 titik rawan yang dinilai memiliki potensi bahaya, mulai dari, banjir, amblesan, hingga tanah longsor. Titik rawan tersebut terdiri dari 1 titik di wilayah Belawan, 1 titik di wilayah Araskabu, 2 titik di wilayah Tebing Tinggi, 3 titik di wilayah Siantar, 3 titik di wilayah Perlanaan, 1 titik di wilayah Sei Bejangkar, 1 titik di wilayah Kisaran, 1 titik di wilayah Teluk Dalam dan 3 titik di wilayah Mambang Muda.

Yuskal menjelaskan, KAI Divre I Sumut menyiagakan 83 petugas pemeriksa jalur sebagai antisipasi apabila terjadi cuaca buruk.

Sementara untuk antisipasi dari sisi material perbaikan jalur KA, Divre I Sumut telah menempatkan AMUS di 17 titik. AMUS tersebut berupa pasir, bantalan rel, peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Temper (MTT) yang digunakan untuk merawat serta memelihara kondisi jalur rel agar tetap layak dilintasi oleh kereta api.

“Kami berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia KAI. Di musim hujan ini, kami bekerja ekstra untuk memastikan perjalanan kereta api di Divre I Sumut berjalan dengan selamat dan lancar,” tutup Yuskal Setiawan.(ng)