Kurangi Emisi Karbon, Puspa Sumut Tanam 1.700 Pohon

Puspa Sumut aksi tanam 1.700 pohon. Ist

Fokusmedan.com : Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Provinsi Sumatera Utara bersinergi dalam mengendalikan perubahan iklim dengan aksi tanam pohon sebanyak 1.700 bibit yang dialokasikan kepada 24 lembaga anggota Forum PUSPA Sumatera Utara, Kelurahan Amplas, Sabtu (23/10/2021).

Ketua Puspa Sumut, Badriyah mengatakan, aksi tanam pohon ini merupakan salah satu upaya dalam mengurangi emisi karbon.

“Ini adalah langkah mitigasi dengan penanaman pohon merupakan salah satu upaya mengurangi emisi karbon, memperbaiki lingkungan serta
memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” katanya.

Badriyah menuturkan bahwa kegiatan ini juga bagian dari hari pohon sedunia yang setiap tahunnya dirayakan pada November.

“Sebagai gerakan awal dilakukan aksi tanam pohon dan gotong royong dengan warga bantaran Sungai Denai Kelurahan Amplas yang difasilitasi oleh Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) dan mitra strategis Komunitas Rumah publik Terpadu (KRPT),” ucapnya.

Lurah Amplas, Muhammad Fitrah Josa Ritonga mengucapkan terimakasih kepada KRPT yang telah bahu membahu membersihkan bantaran Sungai Denai dan ditata untuk dikembangkan menjadi salah satu wisata air kedepannya.

“Wisata air kita kembangkan untuk pariwisata dan kedepannya kita akan menggerakkan UMKM untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat disini. Kita terus berkolaborasi untuk terus memajukan pariwisata di Kelurahan Amplas,” terangnya.

Fitrah Josa juga berharap dengan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Denai menjaga kembali kebersihan sungai agar tetap terawat.

“Penanaman pohon ini juga sebagai salah satu cara untuk mencegah banjir di bantaran Sungai Denai,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai lembaga mitra Puspa Sumut, pemerintah Kelurahan Medan Amplas, tokoh masyarakat dan tokoh agama masyarakat, KRPT, dan komunitas peduli Sungai Amplas.(ng)