25/04/2024 8:39
NASIONAL

Gempa Kembali Guncang Bitung Sulut, Bermagnitudo 4,9

Fokusmedan.com : Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Bitung, Sulawesi Utara, Senin malam. Gempa bermagnitudo 4,9.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada laman resminya menyebutkan, gempa bumi terjadi pada pukul 22.27 WIB.

Episentrum gempa berada di darat 121 kilometer (km) tenggara Bitung, 0,98 Lintang Utara dan 126,11 Bujur Timur dengan kedalaman 57 kilometer.

Gempa bumi dirasakan di wilayah Bitung dengan Skala MMI II-III (getaran dirasakan beberapa orang dan getaran terasa nyata di rumah) dan di wilayah Manado dengan Skala MMI II-III.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Bitung, Senin sekitar pukul 19.34 WIB.

BMKG menginformasikan gempa merupakan jenis dangkal akibat aktivitas lempeng Laut Maluku.

Gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo 5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,7, serta episenter terletak pada koordinat 0,90° LU; 126,14° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 km arah tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara pada kedalaman 30 km, Senin malam pukul 19.34 WIB.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya.(yaya)