BPS Sumut Tambah 3 Kabupaten IHK

Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi. Ist

Fokusmedan.com : Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara akan menambah tiga kabupaten menjadi daftar Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk mengukur deflasi dan inflasi. Ketiga kabupaten tersebut yakni, Deliserdang, Labuhanbatu dan Karo.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi mengatakan, selama ini inflasi hanya diwakili perkotaan, lima kita untuk Sumut. Hal ini belum menggambarkan seluruh Sumut karena belum ada gambaran dari masyarakat pedesaan.

“Mulai tahun ini, secara nasional IHK ditambah sampel untuk Kabupaten. Ada 3 Kabupaten yang menggambarkan pedesaan, itu menjadi sampel dan sudah mewakili untuk inflasi kabupaten,” katanya, Selasa (28/9/2021).

Syech mengatakan, saat ini, sedang dilakukan persiapan survei dan mulai dihitung tingkat inflasinya di akhir tahun 2021. Ketiga kabupaten ini, katanya, dipilih karena mewakili daerah lain di sekitarnya.

Ketiga kabupaten ini, kata Syech, nantinya akan menggambarkan kondisi di pedesaan sehingga nanti sampel dalam kuisoner tidak akan menggambarkan kondisi perkotaan. Jadi tiga kabupaten ini kelak tidak akan menggambarkan inflasi di kabupaten itu. “Karena mereka hanya menjadi sampel untuk menggambarkan inflasi Provinsi Sumut,” katanya.

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi, Dinar Butarbutar, mengatakan, dasar pemilihan kabupaten IHK yakni Labuhanbatu karena mewakili Pesisir Timur. Tingkat perekonomian cukup dan perputaran uang juga baik. Untuk transaksi pasar juga lebih baik dari Labuhanbatu Selatan dan Padanglawas Selatan. Daerah ini juga mewakili sektor perkebunan.

Sementara Deliserdang, transaksi keuangan besar dan dekat dengan Kota Medan. Kabupaten ini juga bisa mewakili kabupaten daerah sekitarnya. Deliserdang juga bisa mewakili subsektor termasuk pertanian.

“Kalau Karo, bisa mewakili daerah di dataran tinggi. Kabupaten ini juga memiliki banyak komoditas andalan yang andilnya cukup besar pada harga di Sumut,” kata Dinar.

Dinar menambahkan, pola konsumsi dan fasilitas yang tersedia di kabupaten IHK ini seperti pasar traditional dan pasar modern juga menjadi pertimbangan pemilihan kabupaten IHK.

Selama ini, inflasi Sumut menggambarkan IHK diwakili kota yakni Kota Medan, Padang Sidempuan, Sibolga, Pematang Siantar dan Gunung Sitoli.(ng)