27/04/2024 8:10
SUMUT

Rombongan DJP Sumut I Kunker ke KPPBC TMP Belawan

Rombongan DJP Sumut I melakukan Kunker ke KPPBC TMP Belawan. Ist

Fokusmedan.com : Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus berupaya meningkatkan koordinasi dengan instansi lain dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi untuk memaksimalkan kinerja masing-masing pihak. Bentuk konkret dari upaya dalam meningkatkan koordinasi yang secara rutin digalakkan oleh DJP adalah melalui kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan (KPPBC TMP Belawan), Kamis (23/9/2021).

Kepala Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) Eddi Wahyudi menerangkan, kunjungan dilakukan guna berkolaborasi bagi upaya mengoptimalkan penerimaan dan pegelolaan keuangan negara.

Kunjungan dimulai dengan rapat bersama dengan Kepala KPPBC TMP Belawan Tri Utomo Hendro Wibowo beserta jajarannya, yang juga dihadiri oleh Kepala Balai Laboratorium Bea Cukai Medan Heni Kusmariyani, serta perwakilan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara (Kanwil DJBC Sumut).

“Bersama Kepala KPPBC TMP Belawan dan Kepala BLBC Kelas II Medan, kami telah membahas tindak lanjut pemanfaatan data joint program yang berkaitan dengan Kawasan Berikat, kegiatan ekspor-impor dan serta juga potensi ekonomi dari ekspor sarang burung walet. Kami harap pemanfaatan data ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat menjadi upaya preventif yang optimal dalam mengamankan penerimaan negara,” ujar Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi.

Pada kesempatan tersebut rombongan berkesempatan pula meninjau Ruang Data Center yang ada di KPPBC TMP Belawan. Kemudian, Kakanwil DJP Sumut I beserta rombongan mengunjungi BLBC Kelas II Medan. BLBC Kelas II Medan bertugas menguji dan mengidentifikasi jenis barang secara laboratoris terhadap barang yang akan diekspor. Hasil data pengujian dari BLBC bermanfaat bagi DJP sebagai data pembanding dalam menganalisis nilai ekspor serta hasil dari proses bisnis Wajib Pajak.

Selanjutnya, Kakanwil DJP Sumut I beserta rombongan ikut serta dalam kegiatan Patroli Laut KPPBC TMP Medan. Dalam patroli laut, Kepala Kanwil DJP Sumut I beserta rombongan meninjau langsung wilayah pengawasan.
Rombongan juga mengunjungi lokasi terminal petikemas yang dikelola olrh PT Prima Terminal Petikemas serta gudang konsolidasi (Tempat Penyimpanan Sementara) Barang Ekspor-Impor.

Kegiatan tersebut, secara keseluruhan bertujuan untuk meninjau langsung arus lalu lintas barang ekspor maupun impor, dan juga penguasan wilayah kerja.

Adapun wilayah kerja Kanwil DJP Sumut I diantaranya meliputi Medan Belawan, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai yang juga merupakan wilayah kerja KPPBC TMP Belawan.

“Dengan kunjungan kerja ini, kami berharap dapat semakin meningkatkan Nilai Integritas, Profesionalisme, dan Kerjasama antar instansi di unit vertikal Kementerian Keuangan serta menghilangkan silo yang ada, sehingga visi, misi, sasaran strategis serta tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal,” pungkasnya.(ng)