5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Fokusmedan.com : Manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya ini bahkan disebut sebagai superfood, karena bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Garcinia mangostana L atau manggis, sejenis pohon hijau abadi ini, memiliki warna kulit buah merah matang hingga merah keunguan.
Dengan daging buah berwarna putih, manggis ternyata kaya akan vitamin, mineral dan senyawa antiinflamasi dan antioksidan.

Bahkan peneliti pun menyimpulkan bahwa buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi di antara buah-buahan lain yang ada di dunia.

Manfaat kesehatan manggis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat buah manggis untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan
Dilansir dari India Times, manggis mengandung kadar serat sangat tinggi dan properti antiinflamasi dengan kadar cukup besar.
Kedua properti ini bisa menyuport tubuh membakar lemak lebih maksimal. Di beberapa belahan dunia, manggis dikonsumsi rutin untuk digunakan membantu program diet atau menurunkan berat badan.

2. Mengontrol gula darah
Kombinasi xanthone dan serat tinggi di dalam manggis bisa bermanfaat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Jika dikonsumsi rutin, serat di dalam manggis bisa mengontrol gula dalam darah dan menstabilkan penyakit diabetes agar tak terus memburuk.

3.Meningkatkan sistem imun
Selain sumber antioksidan dan antiinflamasi, manggis juga memiliki banyak kandungan antibakteri.
Tingginya serat dan vitamin C yang ada di dalam manggis juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sel-sel imun.

4. Meminimalkan risiko kanker
Di dalam Healthline, zat antioksidan dan antiradang pada manggo bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Efeknya, hal ini bisa menghambat datangnya dan menyebarnya sel-sel kanker.

Dalam berbagai studi, terbukti bahwa xanthone dalam manggis efektif digunakan mencegah datangnya kanker payudara, kanker usus dan kanker jaringan tisu pada paru.

5. Menyehatkan kulit
Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah faktor risiko terbesar munculnya kanker kulit.

Nah sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi manggis dalam bentuk buah segar atau suplemen bisa melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar ultraviolet matahari.

Sekitar 100 gram buah mangga setiap hari, juga bisa bermanfaat menyehatkan kulit, mengembalikan kekenyalan dan kelembaban kulit.

Cara mengonsumsi manggis
Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah manggis, Anda bisa mengonsumsi manggis dengan berbagai macam cara.
Yang pertama, Anda bisa mengonsumsinya langsung sebagai buah pencuci mulut.

Yang kedua, Anda bisa mengonsumsi manggis dalam bentuk suplemen, dan yang ketiga Anda bisa membuat jus manggis untuk Anda bekukan di freezer dan Anda konsumsi sedikit demi sedikit.

Untuk membuat jus manggis, campurkan manggis, beberapa irisan buah mangga, air, gula secukupnya dan perasan lemon. Blender hingga halus, dinginkan. Jus ini bisa diminum di pagi atau di siang hari yang terik.

Meski kaya akan properti yang bisa menyehatkan tubuh, namun mengonsumsi manggis setiap hari bisa membahayakan beberapa orang yang mengidap kelainan pembekuan darah.

Menurut India Times di laman Kompas.com, Sabtu (25/9/2021), xanthone dalam manggis adalah properti yang bisa melambatkan pembekuan darah, sehingga bisa mengakibatkan perdarahan.(ng)