Harimau Kurus Makan Rumput di Medan Zoo Ternyata Sakit Cacingan, Ini Penjelasan BKSDA

Ist/fokusmedan.com

 

Fokusmedan.com : Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan bahwa Harimau Sumatera yang viral karena kondisinya kurus dan makan rumput di Kebun Binatang Medan Zoo, disebabkan oleh kondisi harimau yang sedang sakit.

“Kondisi harimau yang fotonya viral semalam saat ini sedang sakit karena gangguan pencernaan dan cacingan menurut dokter hewan di MZ (Medan Zoo),” kata Plh Kepala Balai Besar KSDA Sumut Irzal Azhar, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan harimau tersebut saat ini sudah menjalani perawatan oleh pihak Medan Zoo.

“Sedang dilakukan perawatan dan pengobatan oleh pihak MZ. Kami sudah turunkan tim pagi ini ke MZ untuk memeriksa kondisi Harimau Sumatera disana, kami sedang menunggu hasil tim,” tukas Irzal.

Sebuah video yang menayangkan kondisi satwa yang dilindungi Harimau Sumatera dalam kondisi kurus di Kebun Binatang Medan Zoo, menjadi viral di media sosial (Medsos).

Mirisnya lagi dalam video tersebut, hewan yang terkenal dengan julukan “Si Raja Hutan” tersebut terlihat sedang memakan rumput.

“Berikut foto harimau sumatera yang ada di Medan kemarin, badannya kurus dan memakan rumput. Kejadiannya di Kebun Binatang Medan. Menurut pengalaman saya pribadi, hewan disana memang tidak terurus. Ada beberapa kandang yang hewannya tidak berisi, gajahnya juga seperti tidak terurus,” tulis narasi dalam video tersebut seperti dikutip dari akun Facebook indoflashligt.

“Please lah! Jangan paksakan buat kebun binatang jika tidak ada pemeliharaan secara berkelanjutan. Kasihan satwa disana, mereka sudah di tangkar seharusnya tidak memikirkan lagi bagaimana caranya mencari makan. Karena hidup layak adalah hak satwa di penangkaran. Semoga ada solusi terbaik mengenai keluhan masyarakat ini,” sambungnya sembari menautkan nama Walikota Medan Bobby Nasution, BBKSDA Sumut dan manajemen Medan Zoo.

(Rio)