19/04/2024 18:08
INTERNASIONAL

Tujuh Orang Tewas Akibat Ledakan Hantam Dua Kota di Afghanistan

Fokusmedan.com : Tujuh orang tewas dan tiga puluh mengalami luka-luka akibat ledakan berulang di kota Jalalabad dan ibu kota Kabul, Afghanistan jelas sumber Taliban kepada Al Jazeera.

Korban jiwa jatuh ketika alat peledak rakitan meledak pada Sabtu, jelas sumber tersebut.

“Ledakan di Jalalabad dan Kabul terlihat seperti kerjaan sisa-sisa ISIS-K,” jelas sumber Taliban, merujuk pada ISIS cabang Afghanistan tersebut, dilansir Al Jazeera, Minggu (19/9).

Sumber tersebut menambahkan Taliban telah membuka penyelidikan atas penyerangan tersebut “dan pelakunya akan dibawa ke pengadilan.”

Sejumlah media mengutip saksi dan sumber keamanan mengatakan korban jiwa disebabkan setidaknya empat ledakan di ibu kota provinsi Jalalabad, Nangarhar pada hari Sabtu.

“Banyak orang yang terlibat pada insiden hari ini di kota Jalalabad yang telah ditangkap dan investigasi sedang dilakukan. Hasil dari investigasi akan segera diumumkan.”

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab sejauh ini.

Foto-foto yang diambil di tempat ledakan di Jalalabad menunjukkan sebuah truk pick-up dengan bendera putih Taliban dikelilingi puing-puing di mana sejumlah orang bersenjata berjaga-jaga.

“Dalam satu serangan, satu kendaraan Taliban yang berpatroli di Jalalabad ditargetkan,” jelas seorang pejabat Taliban kepada AFP.

“Perempuan dan anak-anak berada termasuk korban yang mengalami luka-luka,” jelasnya.

Setidaknya dua orang juga dilaporkan terluka dalam ledakan mobil sebelum siang hari di Lingkungan Dasht-e-Barchi di Kabul.

Setelah mengambil alih Afghanistan pada 15 Agustus lalu, kelompok tersebut berjanji untuk memulihkan keamanan di negara yang dilanda perang selama bertahun-tahun tersebut.(yaya)