Memasuki Usia ke-24, BAF Gelar CSR ‘Caring For Children’ di 24 Kota di Indonesia

Penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan Ade Irma Suryani oleh Bapak Nanang Asmara – Area Collection Manager & Bapak Hotdison Saragih – Area Office Head BAF Medan kepada Ibu Hendrati – Ketua Panti Asuhan. Ist

Fokusmedan.com – Memasuki usia ke-24 tahun tepat pada tanggal 24 September 2021, PT Bussan Auto Finance (BAF) terus berupaya memberikan kontribusinya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan, BAF menghadirkan rangkaian program CSR yang diselenggarakan sepanjang bulan September 2021.

Sebagai bentuk konsistensi BAF dalam upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak Indonesia, tahun ini BAF kembali mengusung tema “Caring for Children” sebagai payung besar tema program CSR yang dijalankan.

Lynn Ramli, Presiden Direktur PT Bussan Auto Finance, mengatakan dalam kegiatan CSR tahun ini BAF tetap konsisten dan berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada anak-anak Indonesia yang menjadi penentu masa depan bangsa.

“Sehingga tema BAF Caring for Children masih menjadi tema utama dalam kegiatan sosial perusahaan,” ujarnya.

Salah satu program CSR yang dijalankan BAF di antaranya CSR BAF Caring for Children “Semarak Sehat Bersama BAF” yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 September 2021 serentak di 24 kota di Indonesia untuk 2.400 anak Indonesia.

Lynn Ramli menyampaikan 24 kota tersebar di Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Padang, Pekanbaru, Palembang, Serang, Cikarang, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Ende, Banjarmasin, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Samarinda, Palu, Manado, Kendari, dan Jayapura.

“Pemilihan 24 lokasi ini selain merupakan simbolis dari usia BAF yang menginjak angka ke-24 tahun dan sebagai perwakilan wilayah dari Kantor Jaringan BAF di Indonesia, namun juga sebagai upaya perwujudan tanggung jawab sosial BAF yang merata dan menjangkau seluruh masyarakat di beberapa wilayah BAF berada,” tambah Lynn.

Bantuan yang diberikan dalam kegiatan ini di antaranya adalah health pack (masker medis dan hand sanitizer), makanan dan minuman bergizi, serta vitamin untuk anak-anak.

Dalam pelaksanaan kegiatan CSR BAF Caring for Children yang mengusung tema #SemarakSehat, BAF tetap mengedepankan dan memastikan protokol kesehatan telah dijalankan dalam penyerahan donasi.

Dengan membatasi jumlah perwakilan BAF serta yayasan yang hadir dengan menerapkan 6M yakni; mengenakan masker dengan baik dan benar sesuai standar Kemenkes, menjaga jarak, mencuci tangan.

Kemudian memastikan yang hadir dalam kegiatan tersebut dalam kondisi sehat, dan menghindari kerumunan, serta memastikan bahwa pihak-pihak yang hadir dalam acara tersebut sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama.

Selain CSR BAF Caring for Children “Semarak Sehat Bersama BAF” tersebut di atas, sebagai rangkaian dari kegiatan HUT BAF ke-24 tahun di bulan September 2021 ini BAF juga menjalankan program CSR lainnya di antaranya: Virtual Run BAF Lions Run 2021.

Tahun ketiga penyelenggaraan charity run BAF Lions Run 2021 telah sukses terselenggara sejak tanggal 3 Juli – 22 Agustus 2021 dengan total peserta lebih dari 3.200 orang yang berasal dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Donasi yang diberikan peserta BAF Lions Run 2021 melalui program ini nantinya akan digunakan oleh Yayasan Lions Indonesia untuk membantu pengendalian penyakit diabetes di Indonesia, dalam bentuk kegiatan penyuluhan, pemeriksaan gula darah, dan pengobatan lainnya.

Selain menyelenggarakan charity run bersama Yayasan Lions Indonesia, BAF pun secara terpisah memberikan donasi dalam bentuk uang tunai untuk pengendalian penyakit diabetes Anak di Indonesia.

Penyerahan donasi telah diberikan oleh Ibu Lynn Ramli selaku Presiden Direktur BAF secara simbolis kepada Yayasan Lions Indonesia yang diwakili oleh Bapak Willy Suwandi Dharma selaku Chairman Yayasan Lions Indonesia pada tanggal 10 September 2021.

Program Orang Tua Asuh BAF Caring for Children 2021

Melanjutkan kesuksesan Program Orang Tua Asuh pada tahun sebelumnya, BAF kembali memberikan bantuan pendidikan melalui Program Orang Tua Asuh BAF Caring for Children Tahun Ajaran 2021/2022 kepada hampir 700 anak asuh di Kalimantan Selatan.

Program ini merupakan donasi dari hampir 300 orang tua asuh yang merupakan karyawan BAF di seluruh Indonesia. Dalam penyaluran donasinya BAF bekerja sama dengan Human Initiative yang merupakan organisasi nirlaba pemerhati isu-isu kemanusiaan di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan baik di dalam dan luar negeri.

Bantuan diberikan untuk kebutuhan/penunjang pendidikan anak-anak di 7 (tujuh) Sekolah Dasar (SD Negeri Baru, SD Negeri Bulayak, SD Negeri 4 Murung B, SD Negeri 1 Alat, SD Negeri 2 Alat, SD Negeri Datar Ajab 2, dan SD Negeri Hantakan)

Penyerahan donasi secara simbolis akan dilakukan secara virtual dari BAF yang diwakili Ibu Lynn Ramli selaku Presiden Direktur BAF kepada Bapak Tomy Hendrajati selaku Presiden Human Initiatives pada tanggal 24 September 2021 mendatang.

Gerakan Penghijauan BAF ECO Move
Selain fokus terhadap pemerataan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia, BAF juga turut berkontribusi terhadap upaya restorasi lingkungan hidup dengan kembali menyelenggarakan Gerakan Penghijauan BAF ECO Move Periode ke-2, setelah sukses pada periode pertama di Bulan Juni 2021 lalu.

Selama periode 1-30 September 2021 konsumen yang mengajukan pembiayaan di BAF secara otomatis telah berpartisipasi dalam BAF ECO Move periode ke-2 tanpa dipungut biaya apapun.

Selain konsumen BAF, karyawan BAF juga berkesempatan untuk memberikan donasinya dalam program ini, di mana donasi yang terkumpul dari karyawan BAF akan digunakan untuk pembelian bibit pohon untuk penghijauan guna mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor di 6 kota besar di Indonesia (Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar).

Target di periode ke-2 ini adalah mengumpulkan donasi berupa bibit pohon minimal sebanyak 20.000 bibit pohon yang penanamannya akan dilakukan mulai awal bulan Oktober 2021 mendatang, bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait di setiap daerah.

“Harapan kami, melalui kegiatan CSR BAF ini dapat menjadi pemantik semangat kita bersama untuk terus mengutamakan kesehatan dalam menghadapi pandemi dan tetap berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan,” tutup Lynn.

(Bal)