Terdampak Banjir, Jalan Utama hingga Terminal di Rangkasbitung Lumpuh

Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Banten, dikepung banjir. Kompas.com

Fokusmedan.com: Banjir terjadi di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, setelah hujan mengguyur wilayah tersebut sejak Senin (13/9/2021) malam. Banjir juga terjadi di sejumlah kecamatan sekitar Rangkasbitung.

Pada Selasa (14/9/2021), sejumlah ruas jalan lumpuh dan tidak bisa dilalui, termasuk jalan nasional yang menghubungkan Rangkasbitung dengan Pandeglang.

Pantauan Kompas.com, sejumlah ruas jalan yang terdampak banjir antara lain di Jalan Nasional Rangkasbitung- Pandeglang, Jalan Siliwangi, Jalan Sunan Kalijaga dan Jalan
Soekarno-Hatta.

Banjir juga terjadi di Terminal Mandala. Banjir membuat sejumlah bus yang terparkir terendam sekitar 50 sentimeter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, hingga Senin tengah malam, setidaknya 640 rumah terendam di dua kecamatan, yakni Rangkasbitung dan Cibadak.

“Penyebabnya akibat hujan deras semalam, sementara sistem drainase permukiman tidak mampu menampung aliran air. Ketinggian banjir 50-70 sentimeter,” kata Febby di Rangkasbitung, Selasa.

Menurut Febby, ada puluhan warga yang mengungsi.

Saat ini ada dua lokasi pengungsian, yakni Kampung Barangbang dan Komplek Pendidikan.

Febby mengatakan, saat ini pihak BPBD tengah melakukan penyisiran dan pendataan permukiman yang terdampak banjir. Bantuan untuk warga juga sudah disalurkan.(ng)