4 Hektar Lebih Lahan Terbakar di Aceh Jaya Belum Bisa Dipadamkan

Fokusmedan.com : Sekitar 4 hektar lebih lahan di Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya terbakar. Kebakaran lahan itu terjadi sejak Minggu (5/9) kemarin dan hingga kini belum berhasil dipadamkan.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), saat ini pemadaman dihentikan untuk sementara waktu. Hal itu dikarenakan sulitnya akses menuju lokasi dan terbatasnya sumber air.

“Selain itu kendala di lapangan disebabkan arah angin yang sangat mengganggu tim saat pemadaman. Begitu juga dengan sumber air di lokasi sangat terbatas. Diputuskan untuk melanjutkan pemadaman besok,” kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas pada Senin (6/9).

Dia menyebut, tim BPBD Aceh Jaya mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran dari pos Teunom untuk memadamkan api. Namun mobil itu tak dapat mengakses lokasi kebakaran.

Petugas hanya mengandalkan sumber air di sekitar lokasi dengan perlengkapan 2 unit pompa air, salah satunya milik PT. ASN. Pemadaman turut dibantu personel TNI dan Polri.

Sejauh ini, tutur Ilyas, petugas di lapangan belum bisa memastikan penyebab lahan yang mulanya dilaporkan terbakar 2 hektar itu, dan kini menjalar menjadi 4 hektar.

“Penyebabnya masih dalam proses penyelidikan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun merdeka.com, mulanya api datang dari lahan kosong dan kini menjalar ke kebun sawit milik warga.(yaya)