Ini Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Fokusmedan.com : Gejala kekurangan vitamin D umumnya tidak disadari kebanyakan orang. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit berupa gangguan tulang hingga infeksi.

Vitamin D bisa diperoleh tubuh dari paparan
sinar matahari, serta konsumsi makanan tertentu, yakni ikan, minyak ikan, telur, susu yang diperkaya vitamin D, dan suplemen vitamin D.

Kekurangan vitamin D sebenarnya merupakan kondisi yang jarang terjadi pada orang yang tidak memiliki masalah medis tertentu dan menerapkan pola hidup sehat.

Namun jika kita mengalami beberapa masalah ini, tandanya tubuh kita kekurangan vitamin D.

1. Merasa kelelahan
Studi yang dimuat dalam jurnal Medicine mengungkap, kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan kelelahan dan gejala tidak spesifik termasuk sakit kepala dan nyeri muskuloskeletal.

Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menimbulkan depresi dan gangguan performa kognitif.

Pengobatan vitamin D secara signifikan mengurangi rasa lelah pada orang yang kekurangan vitamin D, menurut studi tersebut.

2. Sakit atau nyeri di tulang
Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Musculoskeletal Medicine, ditemukan kadar vitamin D memengaruhi kesehatan muskuloskeletal, sistem yang terdiri dari otot, jaringan ikat, saraf, tulang, dan sendi.

“Kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan nyeri tulang, kelemahan otot, massa tulang yang rendah, dan patah tulang, dengan risiko osteomalacia, osteoporosis, dan miopati.”

3. Otot melemah, nyeri, dan kram
Vitamin D berperan penting dalam menjaga fungsi otot, menurut studi yang diterbitkan dalam Bone Reports.

Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko jatuh dan melemahnya otot proksimal (otot-otot yang berada dekat dengan bagian tengah tubuh).

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (5/9/2021), hasil studi tersebut juga menyatakan, tanda tubuh kekurangan vitamin D tidak spesifik, sehingga penderita nyeri otot dan lemah otot harus memertahankan kadar vitamin D di dalam tubuh.

4. Depresi
Asupan vitamin D yang tidak mencukupi dapat menyebabkan depresi, menurut studi yang dimuat dalam Issues In Mental Health Nursing.
“Depresi adalah kondisi melumpuhkan yang merusak semua aspek fungsi manusia,” kata penulis studi tersebut.
“Pada orang dengan penyakit medis kronis, depresi sering membuat pengendalian penyakit kronis menjadi lebih sulit.”

“Vitamin D dilaporkan sebagai faktor penting yang memiliki manfaat kesehatan signifikan dalam pencegahan dan pengobatan banyak penyakit kronis.”

5. Menimbulkan rakitis pada anak
Cleveland Clinic menyatakan, kekurangan vitamin D pada anak menyebabkan rakitis, yakni kondisi tulang melunak dan melemah.
Hal itu juga menyebabkan anak merasa nyeri pada tulang, dan mengalami kelainan bentuk di persendian.

“Kondisi ini sangat jarang terjadi. Namun, anak yang kekurangan vitamin D bisa mengalami kelemahan otot dan nyeri otot.”(ng)