Jepang Temukan Partikel Hitam Pada Vaksin Moderna

Fokusmedan.com : Jepang menunda pelaksanaan vaksinasi dengan vaksin Moderna setelah menemukan ada benda asing di dalam botol vaksin.

Menurut keterangan pejabat berwenang, seorang apoteker melihat beberapa partikel hitam di dalam satu botol vaksin di Perfektur Kanagawa.

Sebanyak 3.790 orang sudah menerima satu dosis vaksin Moderna. Sisa stok vaksin berikutnya sementara ditunda.

Kabar ini hanya berselang kurang dari satu minggu setelah Jepang menunda 1.63 juta dosis vaksin Moderna karena adanya kontaminasi.

Apoteker tersebut menemukan partikel hitam itu ketika sedang memeriksa benda asing sebelum penggunaan vaksin Moderna.

Ditributor jarum suntik lokal telah mengumpulkan botol vaksin yang diduga terkontaminasi.

Laporan media lokal mengatakan sejauh ini belum ada bukti akan bahaya kesehatan dari botol vaksin yang mungkin terkontaminasi.

Farmasi Takeda, yang menjual dan mendistribusikan vaksin di Jepang menahan tiga kloter vaksin setelah ditemukannya “benda asing” di dalam beberapa dosis vaksin dalam satu kloter yang berkisar 560.000 botol.

Perusahaan farmasi Rovi Spanyol, yang mengemas vaksin, dalam pernyataannya mengatakan, salah satu perusahaan manufaktur di Spanyol bisa menjadi penyebab dari permasalahan ini.

Mereka mengatakan sudah menggelar investigasi.

Pada Selasa lalu, menteri kesehatan Jepang mengatakan benda asing ditemukan pada jarum suntik di selatan perfektur Okinawa ketika jarum salah dimasukkan ke dalam botol.(yaya)