OJK Edukasi Pelaku Usaha di Sumut Cerdas Finansial

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional 5 Sumbagut, Untung Santoso. Ist

Fokusmedan.com : OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara kembali menggelar Webinar Edukasi Keuangan secara virtual dalam acara “Bareng OJK Bincang Bincang Melek Finansial (Bobba Masal)”. Adapun tema Bobba Masal yang diangkat pada seri kesembilan kali ini yakni “Pentingnya Pengusaha Cerdas Finansial”.

Acara dibuka oleh Untung Santoso selaku Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara. Dalam sambutannya, Untung Santoso, menyampaikan bahwa tema ini sangat penting bagi pelaku usaha untuk paham aspek-aspek finansial agar dapat membangun bisnis secara berkesinambungan.

Di samping itu, kata dia, sektor jasa keuangan Indonesia tetap stabil dan bertumbuh meskipun di tengah kondisi pandemi. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi 2,8 juta UMKM yang ada di Sumatera Utara.

“Per Juni 2021 perbankan di Sumatera Utara telah menyalurkan kredit/pembiayaan kepada UMKM dengan outstanding sebesar Rp59,8 triliun atau tumbuh 2,5% yoy disertai pertumbuhan rekening peminjam kredit UMKM yang lebih tinggi yaitu sebesar 9,11% yoy,” ujar Untung melalui siaran tertulis, Rabu (1/9/2021).

Oleh karena itu, OJK terus mendorong perbankan agar lebih mengoptimalkan penyaluran kredit sehingga lebih banyak lagi UMKM yang dapat menikmati kredit usaha produktif.

“OJK bersama perbankan juga telah menginisiasi program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) untuk mencegah masyarakat mengakses kredit/pembiayaan non formal/rentenir sekaligus meningkatkan akses kredit/pembiayaan pada lembaga keuangan formal berizin dari OJK yang lebih efisien,” tambah Untung.

Webinar edukasi keuangan kali ini menghadirkan dua orang narasumber. Narasumber pertama adalah Wiko Sucipto selaku Profesional Asisten Manager Divisi ritel PT Bank Sumut, di mana dalam materinya Wiko menyampaikan materi mengenai Kredit Sumut Bermartabat yang diperuntukkan bagi Pelaku UMKM termasuk didalamnya penjelasan mengenai persyaratan, kriteria UMKM, serta sasaran sektor usaha mana yang dapat diberikan kredit.

Narasumber kedua yakni Ken Handersen yakni seorang Qualified Wealth Planner sekaligus Founder of Gatherich. Ken Handersen menyampaikan materi mengenai Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan dan Bagaimana Cara mengelola Keuangan Bagi UMKM serta Resiko Bisnis Yang mungkin terjadi kedepannya.

Selain itu, Ken juga menyampaikan beberapa tips terkait Pemasaran Kreatif, Pemafaatan keuntungan usaha, dan Kemampuan Usaha beradaptasi dalam segala resiko dan perubahan.(ng)