19/04/2024 4:40
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Pelajar Tanjung Morawa Siap Bergaya Hidup #Cari_aman

Fokusmedan.com : Gencar mengkampanyekan slogan keselamatan berkendara (safety riding) #Cari_aman kepada berbagai kalangan masyarakat, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) kembali membuktikan komitmennya dengan aktivitas edukasi bersama SMK Swasta Harapan Bangsa yang berlokasi di Jl. Darmo Sari, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang pada Jum’at, 20 Agustus 2021.

Edukasi yang berlangsung virtual memanfaatkan aplikasi zoom meeting tersebut diikuti puluhan pelajar SMK Swasta Harapan Bangsa didampingi sejumlah staf pengajar. Aktivitas ini juga mematuhi penerapan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker, rajin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

Dalam edukasi kali ini, para instruktur safety riding terlatih Honda juga turut memaparkan materi terkait filosofi safety yaitu “ Respect for Human Life & Three Joy” yang artinya , Honda tidak hanya menjual sepeda motor, tapi juga sangat peduli dengan keselamatan penggunanya. Sedangkan Three Joy diartikan sebagai tiga kesenangan, yaitu kesenangan menciptakan, kesenangan menjual bagi Honda, dan kesenangan membeli bagi konsumen motor Honda.

Antusias para peserta edukasi juga memacu semangat para instruktur untuk berbagi pengetahuan tentang berbagai penyebab terjadinya kecelakaan yang meliputi 3 faktor seperti manusia, kendaraan dan lingkungan. Namun faktor manusia menjadi hal paling penting untuk diperhatikan, mengingat 90 persen faktor utama kecelakaan adalah rendahnya kesadaran untuk mengutamakan keselamatan, dan minimnya pengetahuan tentang etika dan teknik berkendara yang aman.

Persiapan berkendara juga menjadi materi yang cukup menarik bagi para peserta, sebut saja bagaimana melakukan pemanasan, pengecekan sepeda motor, menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket, serta pengetahuan terkait teknik berkendara yang baik dan benar seperti teknik pengereman, teknik menikung dan teknik keseimbangan.

H. Andika S .Spdi selaku Kepala SMK Swasta Harapan Bangsa mengungkapkan sangat berterima kasih kepada Honda yang meski di masa pandemi yang penuh dengan keterbatasan, namun masih terus memberikan perhatian melalui pembekalan keselamatan berkendara kepada para pelajar. Besar harapan, materi yang disampaikan dapat memperkaya wawasan dan mampu meningkatkan kesadaran mereka untuk lebih menghargai hidup dengan melindungi keselamatan saat berkendara sehari-hari.

Sementara itu Sofian Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan sangat berbangga dengan semangat para pelajar SMK Swasta Harapan Bangsa, dan dan respon positif dari para guru pada edukasi safety riding yang diberikan Honda. Menurutnya, ini merupakan hal baik yang diharapkan dapat menumbuhkan peran aktif para pelajar sebagai generasi muda yang tidak hanya menjadikan keselamatan berkendara sebagai sebuah anjuran, namun menjadi kebutuhan dan gaya hidup geneasi muda di Sumatera Utara.

“Efek kecelakaan bagaikan fenomena gunung es, dimana terlihat kecil di atas permukaan laut, namun besar di bawah permukaan air laut. Karena itu, sangat penting bagi setiap kalangan, terutama para pelajar sebagai generasi milenial harapan bangsa untuk lebih meningkatkan kesadaran menjaga harta berharga dalam hidup dengan selalu #Cari_aman saat naik motor di jalan “ ujar Sofian Hazri.(ril)