Cerita WNA Positif Covid-19 di Medan, Datangi Pos Penyekatan & Minta Diantar Isoman

Fokusmedan.com : Pos penyekatan PPKM di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (13/8) kemarin dihebohkan dengan kedatangan seorang Warga Negara Asing (WNA) yang mengaku terkonfirmasi positif Covid-19.

WNA asal Amerika Serikat bernama Mohamed Fathy Gabrel tersebut meminta para petugas yang berjaga untuk mengantarnya ke lokasi isolasi mandiri.

Kejadian tersebut telah dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kapolsek Patumbak, AKP Neneng Armayanti.

“Iya benar, pengakuannya positif. Tapi saya belum terima data lengkapnya,” kata Neneng.

Selalu Ditolak Rumah Sakit

Neneng mengatakan, WNA tersebut sempat menjelaskan alasannya meminta diantar ke rumah isolasi terpusat di Kota Medan. Ia mengaku sudah ditolak di beberapa rumah sakit dengan alasan ketiadaan ruang.

Selain itu, WNA tersebut juga mengaku sudah empat hari ini terpapar virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

Pria berusia 51 tahun itu juga sempat mengatakan ke para petugas bahwa ia ingin segera mendapat perawatan medis. Tindakannya itu juga merupakan inisiatif Mohamed sendiri.

Ditangani Dinkes Kota Medan

Neneng menambahkan, usai WNA tersebut menjelaskan maksud kedatangannya di salah satu pos penyekatan PPKM Kota Medan itu, para petugas yang berjaga langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Medan dan Kecamatan Medan Amplas.

Selanjutnya, petugas kesehatan langsung mengevakuasi Mohamed Fathy Gabrel ke tempat isolasi untuk dirawat dan dilakukan penanganan sesuai standar Covid-19. Sebelumnya Mohamed Fathy Gabrel diketahui sudah menetap di Kota Medan selama satu tahun terakhir.(yaya)