Cara Masuk Google Classroom, Lengkap Beserta Manfaatnya

Fokusmedan.com : Google Classroom adalah salah satu platform pembelajaran daring yang paling banyak digunakan selama pandemi COVID-19 di Indonesia. Platform ini dinilai sangat efektif karena dapat menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi dengan baik.

Google Classroom merupakan bagian dari G Suite for Education yang juga hadir dalam versi aplikasi seluler. Untuk menggunakannya, pengajar dan murid wajib memiliki akun Google agar saling terhubung. Selain lebih efektif dan komunikatif, platform ini juga sangat mudah digunakan para pengajar dan siswa.

Banyak sekali manfaat menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring, di antaranya bisa tanya jawab secara interaktif, mengadakan ujian, dan lainnya. Berikut cara masuk Google Classroom yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com:

Cara Membuat Google Classroom

Aplikasi Google Classroom bisa diunduh melalui smartphone di App Store atau Play Store. Adapun cara membuat Google Classroom adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke aplikasi Google Classroom atau akses lewat peramban di PC Anda.

2. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.

3. Tekan tanda plus (+) di pojok kanan.

4. Ada dua pilihan, yaitu Join Class dan Create Class. Pilih Create Class.

5. Ada dua pilihan role, yaitu teacher/student. Anda bisa memilih salah satunya.
6. Isi kolom class name, section, subject, dan room.

7. Setelah kelas dibuat, Google Classroom akan otomatis generate class code. Anda bisa membagikan class code ini kepada para murid agar bisa Join Class.

8. Pada bagian Classwork, Anda bisa mengunggah materi, memberikan tugas, atau mengadakan kuis.

9. Agar lebih mudah dan hemat waktu, pertanyaan kuis tidak perlu diketik satu per satu di bagian question/pertanyaan. Jadikan satu file, kemudian unggah dengan klik Add.

10. Jangan lupa tetapkan skor maksimum yang bisa didapat pelajar dan tenggat waktu (due). Kemudian klik Assign.

11. Lakukan hal yang sama untuk memberikan tugas berupa daftar pertanyaan. Jadikan satu file, kemudian unggah dengan klik Add.

12. Jangan lupa tetapkan skor maksimum yang bisa didapat pelajar dan tenggat waktu (due). Kemudian klik Ask.

Manfaat Google Classroom

Dengan menggunakan Google Classroom, pengajar dapat membuat tugas, mengirim pengumuman, dan memulai diskusi kelas secara langsung. Selain itu, siswa dapat berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi dalam aliran ke;as datau melalui email. Beberapa manfaat Google Classroom lainnya di antaranya seperti berikut:

• Berbagi materi pelajaran/silabus

• Memberikan/mengirimkan tugas

• Mengadakan ujian/kuis

• Tanya jawab secara interaktif

• Melihat tugas mendatang lewat Google Calendar

Google Classroom dapat diakses menggunakan internet di komputer dengan browser apa pun, seperti Chorme, Internet Explorer, dan Firefox. Berikut cara masuk Google Classroom:

1. Masuk ke aplikasi Google Classroom atau akses lewat peramban di PC Anda.

2. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.

3. Tekan tanda plus (+) di pojok kanan.

4. Ada dua pilihan, yaitu Join Class dan Create Class. Jika Anda bermaksud untuk bergabung di salah satu kelas, pilih Join Class.

5. Masukkan 7 digit Class Code yang sudah diberikan terlebih dahulu. Jika dosen/guru Anda belum memberikan class code, segeralah memintanya.

6. Jika sudah tergabung ke dalam kelas, Anda bisa melihat tugas atau materi yang dibagikan pengajar di Stream atau Classwork.