19/04/2024 21:59
FOKUS MEDAN

Kepala BNPB Puji Kesigapan Bobby Nasution Atasi Covid-19

Fokusmedan.com : Wali Kota Medan Bobby Nasution mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito meninjau kesiapan Pemkot Medan dalam menanggulangi Covid-19, Jumat (6/8/2021).

Awalnya Bobby mengajak Kepala BNPB menuju Gedung P4TK di Jalan Setia Budi Medan yang diplot sebagai salah satu gedung Isolasi Terpadu (Isoter) di Kota Medan. Segala fasilitas dan kesiapan Nakes di sana diperlihatkan kepada Letjen Ganip Warsito.

“Ruang Isoter yang disiapkan pak wali sudah bagus sekali ini ya. Warga harusnya memanfaatkan fasilitas Isoter ini karena isoman di rumah itu ada syaratnya,” kata Letjen TNIĀ Ganip Warsito.

Kemudian rombongan menuju Lingkungan VI Pondok Surya Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Helvetia untuk menyerahkan bantuan kepada lingkungan yang menggelar isolasi. Diketahui dari 2001 lingkungan di Kota Medan sebanyak 14 lingkungan melaksanakan isolasi.

Keterangan Sekcam Medan Helvetia Alexander ada 14 warga di lingkungan VI yang melaksanakan isoman namun empat orang di antaranya telah dipindahkan ke rumah sakit lantaran kondisi memburuk.

“Memang syarat isoman di rumah ada beberapa. Misalnya harus ada ruang terpisah untuk mandi. Tidak ada komorbid, usia di bawah 45 tahun. Tidak ada manula dan anak-anak dirumahnya atau wanita hamil,” terang Ganif.

“Kalau tidak memenuhi syarat itu bagus dibawa ke Isoter yang sudah disiapkan pak wali. Ada nakes, makanan, obat, vitamin hingga podingnya. Dan semuanya gratis sampai sembuh. Harus dicek terus ya,” lanjut Ganif Warsito.

Kemudian Bobby Nasution tampak memberikan arahan kepada warga dan Camat Helvetia. Bobby juga memberikan obat dan vitamin yang dipaketkan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri.

“Koordinasi harus terus dijaga, antara warga dan pemerintah juga kita mintakan bantuan Polri dan TNI untuk bersama warga saling bergotong-royong. Isolasi lingkungan sejauh ini mampu mencegah dan mengontrol penyebaran Covid-19. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh warga,” kata Bobby Nasution.

Sejauh ini kebijakan Bobby Nasution untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah melaksanakan PPKM hingga level empat sampai 9 Agustus mendatang. Namun penyekatan di dalam kota sudah sedikit dikendurkan. Sedangkan penyekatan dari luar kota tetap diketatkan. Kemudian Bobby menyiapkan sejumlah lokasi Isoter dengan seluruh fasilitasnya gratis bagi warga Medan.

Bobby Nasution juga gencar memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak PPKM. Bahkan Bobby sering kali memberikan langsung bantuan tersebut kepada masyarakat.(yaya)