19/04/2024 17:30
NASIONAL

Survei BPS: 20 Persen Responden Tak Percaya Efek Vaksin Covid-19

Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19. Ist

Fokusmedan.com : Survei Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, masih ada 20 persen responden dari warga negara Indonesia yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 karena ragu terhadap efektivitas vaksin.

Secara lebih rinci, warga yang tidak mau vaksin karena tidak percaya pada efektivitas mencapai 4,2 persen dari seluruh responden survei, sementara 15,8 persen tidak mau atau khawatir terhadap efektivitasnya.

“Hasil survei ada sebagian masyarakat yang belum melakukan vaksinasi yaitu, khawatir dengan efek samping atau tidak percaya dengan efektivitas vaksin mencapai 20 persen dari responden yang belum melakukan vaksin,” tutur Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Survei ini diikuti oleh 212.762 orang dengan metode sampling snowball alias memberikan informasi informasi dari orang ke orang secara berantai dan mengakses sistem online BPS.
Dengan begitu, kata Margo, survei tidak mewakili kondisi seluruh masyarakat.

Survei juga didominasi oleh mahasiswa D4/S1 sebesar 46,8 persen dari jumlah responden, diikuti SMA sebesar 29,6 persen, dan S2 sebanyak 8,7 persen.

“Survei hanya menggambarkan kondisi individu yang mengakses melalui sistem online kami. Sebaran pendidikan juga menggambarkan literasi masyarakat terhadap sistem (digital) yang dikembangkan,” papar Margo.

Sedangkan 26,3 persen responden lainnya mengaku masih mencari lokasi yang menyediakan kuota vaksinasi, dan 21,2 persen sudah terjadwal tapi belum waktunya.

Selanjutnya, 32,5 persen tidak bisa vaksinasi karena faktor kesehatan, ibu hamil, sarana dan akses jalan sulit, serta alasan lainnya.

“Jadi masalah kesehatan adalah masalah kita semua maka perilaku kita baik secara individu di keluarga atau masyarakat sangat membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Margo.(ng)