Vasaka The Reiz Condo Medan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Penghuni dan Pemilik Apartemen

Seorang anak yang sedang divaksin Covid-19 di Vasaka The Reiz Condo Medan. Ist

Fokusmedan.com : Penyebaran Covid-19 makin tak pandang bulu, mulai anak hingga
dewasa pun memiliki risiko terpapar virus corona. Indonesia sendiri memulai program vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia 12-17 tahun.

Hal itu dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya anak-anak yang terinfeksi Covid-19 lalu mengalami kondisi yang parah dan memerlukan perawatan. Pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 anak berusia 12-17 tahun dilaksanakan setelah keluarnya izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Menilik hal ini, Apartemen Vasaka The Reiz Condo Medan pun menggalakkan Vaksin untuk anak yang berusia 12-17 tahun ke atas. Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan membuat acara ini berjalan
dengan protokol kesehatan yang ketat.

Marketing & Sales Manager Apartemen Vasaka The Reiz Condo Medan, Haryo Jatikusumo mengatakan, program vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 12-17 tahun ini dijalankan dengan
menggunakan vaksin Sinovac produksi PT. Biofarma. Pada kelompok anak, dosis Vaksin
Covid 19 ini diberikan sebanyak 0,5ml sebanyak 2 kali. Pemberian dua dosis vaksin Covid-19
pun diberikan jarak atau interval minimal 28 hari.

“Acara vaksin anak ini kami lakukan dalam memperingati hari anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021 lalu, harapannya kami dapat berkontribusi dalam penekanan angka penyebaran virus Covid 19 setidaknya dilingkungan apartemen Vasaka The Reiz Condo. Sehingga penghuni dapat tinggal dengan lebih nyaman lagi,” ujar Haryo Jatikusumo, Rabu (28/7/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kota Medan yaitu Dr Syamsul Nasution didampingi Kepala Dinas Pegendalian Penduduk dan Keluarga Berencana drg Polita Nasution mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Vasaka The Reiz Condo karena telah membantu Dinas Kesehatan Kota Medan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 untuk anak. Harapannya dengan dilakukannya vaksinasi ini dapat membentuk Herd Immunity.

“Dengan terbentuknya herd immunity, insya Allah penyebaran virus Corona dapat diatasi,” ujarnya.

Adapun syarat untuk vaksin Covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun kurang lebih sama dengan
orang dewasa, yakni :
• Syarat peserta vaksin Covid-19 harus membawa kartu keluarga (KK) atau dokumen lain yang mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) anak.
• Selanjutnya, pencatatan peserta vaksinasi dimasukkan dalam aplikasi PCare sebagai kelompok remaja.
• Tubuh dalam kondisi sehat, tidak demam, batuk atau pilek.
• Tekanan darah normal.(ng)