PLN Segera Melistriki 2 Desa Terisolir di Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Perjanjian kerjasama antara PLN UIW Sumut dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumut. Ist

Fokusmedan.com : PT PLN (Persero) terus berupaya mengalirkan listrik desa-desa terpencil yang berada di Sumatera Utara. Salah satunya adalah Desa Torganda yang  merupakan desa terpencil yang berada di dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Holiday Resort dimana saat ini masih terisolir seluas ±2,95 Hektar.

“Terdapat dua Dusun yang berada di Desa Torganda Kecamatan Torgamba, yaitu Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II saat ini masih terisolir di Kabupaten Labuhan Batu Selatan,” ujar Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Ir. Hotmauli Sianturi melalui siaran tertulis, Selasa (27/7/2021).

Senior Manager Perencanaan, Reny Wahyu Setiaswan mengatakan, telah dilakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara dalam pembangunan jaringan listrik pada dua dusun terisolir tersebut, Senin (26/7/2021).

“PLN akan membangun Jaringan Listrik Hantaran Udara Tegangan Menengah (HUTM) sepanjang 4.918 kms dan Hantaran Udara Tegangan Rendah (HUTR) sepanjang 3.138 kms agar dapat menerangi rumah-rumah masyarakat yang ada disana sebanyak 445 Kepala Keluarga,” terang Reny Wahyu Setiaswan.

PLN berkomitmen untuk melistriki seluruh desa-desa terisolir dan yang belum berlistrik di Sumatera Utara. Meskipun dalam kondisi pandemic Covid-19 dan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).(ng)