Mulai Hari Ini, Arab Saudi Evakuasi 200 Warga dari Indonesia

Arab Saudi mengevakuasi warga dari Indonesia mulai hari ini. Ist

Fokusmedan.com : Arab Saudi memulangkan 200 warganya dari Indonesia mulai hari ini, Senin (26/7/2021) dan 1 Agustus mendatang.

Duta Besar Arab Saudi di Jakarta Essam Abed Al Thaqafi mengatakan, dua penerbangan repatriasi akan mengangkut 200 warga Saudi yang tinggal di Indonesia. Dari jumlah itu, ada beberapa yang terinfeksi Covid-19.

“Ada dua warga negara (Saudi) yang kondisinya kritis usai terpapar varian Covid-19,” ujar Al Thaqafi, seperti dilaporkan Gulfnews, Minggu (25/7/2021).

Sebelumnya, pemerintah Saudi memperingatkan warganya agar tidak bepergian ke Indonesia menyusul lonjakan kasus Covid-19.

Menurut sumber di Kemendagri Saudi, langkah itu diambil untuk memastikan keselamatan penduduk mereka dari terpapar kasus Covid-19 di Indonesia yang melonjak akibat penyebaran varian Delta.

Menurut Arab News, sumber itu menyatakan larangan bepergian terhadap warga Saudi akan diberlakukan sampai situasi Covid-19 di Indonesia benar-benar terkendali.

Mereka juga meminta bagi warga Saudi yang berada di Indonesia, agar berhati-hati, menjauh dari daerah yang menjadi pusat penyebaran virus corona, mematuhi tindakan pencegahan, dan kembali ke negara asal sesegera mungkin.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah untuk meminta tanggapan terkait kepulangan warga Saudi, namun yang bersangkut belum bisa menjawab lantaran masih berkegiatan di agenda lain.

Saudi bukan negara pertama yang mengangkut warganya dari RI. Pada pertengahan Juli lalu, Jepang lebih dulu menerbangkan warganya untuk kembali ke Negeri Sakura itu.

Pemerintah Jepang bahkan menyiapkan dua maskapai tambahan, bekerja sama dengan pihak swasta sebagai antisipasi sulitnya mendapatkan penerbangan yang dialami warga Jepang di Indonesia, karena adanya pembatasan yang diterapkan pemerintah RI.

Selain itu, Vietnam juga merencanakan menerbangkan warganya ke tanah air mereka. Kemudian sejumlah warga Taiwan yang mencarter pesawat agar bisa pulang, menyusul jumlah kasus corona yang tak kunjung reda.(ng)