19/04/2024 7:59
NASIONAL

Diperpanjang Selama Mei-Juni, 10 Juta Keluarga dapat Bansos Tunai

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,
Airlangga Hartarto. Dok Setkab

Fokusmedan.com : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memperpanjang bantuan sosial tunai kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Kebijakan itu diberikan menyusul dilanjutkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Perpanjangan bantuan sosial tunai untuk 2 bulan, Mei sampai dengan Juni ini, disalurkan di bulan Juli sebesar Rp 6,14 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (26/7/2021).

Kemudian, pemerintah juga memberikan kartu sembako PPKM untuk 5,9 juta keluarga penerima manfaat.

Kartu sembako PPKM, kata Airlangga, merupakan usulan yang diberikan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

“Dan ini ditambahkan, besarannya juga Rp 200.000 per bulan, selama 6 bulan,” kata dia dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, pemerintah juga menambah bantuan sosial berupa kartu sembako murah Rp 200.000 untuk 2 bulan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.

Dengan kebijakan tersebut, pemerintah pun memberikan bantuan guna mengurangi beban masyarakat dan usaha mikro dan kecil.

“Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro kecil dan penjelasan secara terperinci akan dilakukan oleh Menko atau Menteri terkait,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu (25/7/2021).(ng)