Uni Emirat Arab Larang Masuk Penerbangan dari Indonesia

Abu Dhabi. Getty Images

Fokusmedan.com : Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menetapkan larangan masuk bagi setiap orang yang melakukan perjalanan internasional dari Indonesia. Dikutip dari laman Instagram resmi KBRI Abu Dhabi, Minggu (11/7/2021), otoritas setempat mulai memberlakukan pelarangan tersebut sejak Minggu tengah malam hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Penangguhan (Larangan) masuk bagi pelancong dari Indonesia pada penerbangan nasional dan internasional, serta untuk penumpang transit mulai Minggu, 11/07/2021 pukul 23.59 hingga batas yang belum diberitahukan,” tulis akun @kbriabudhabi, seperti dikutip Kompas.com Senin (12/7/2021).

Secara spesifik, pelarangan ini berlaku bagi penerbangan yang datang dari Indonesia dan pelancong yang berada di Indonesia dalam kurun waktu 14 hari sebelum datang ke UEA.
Kemudian, berlaku juga bagi penumpang yang berangkat dari Indonesia dan transit di UEA.
Sementara, untuk penerbangan kargo antara kedua negara akan terus beroperasi.

Selain itu, terdapat pula pengecualian dalam kebijakan pelarangan tersebut. Pengecualian berlaku bagi warga negara UEA, pemegang visa emas dan visa perak UEA, pekerja sektor esensial di UEA sesuai dengan ketentuan dari pemerintah UEA.

Serta, pejabat perwakilan diplomatik yang terakreditasi oleh kedua negara termasuk staf admin dari kedua negara.

“Bagi mereka yang dikecualikan, terdapat ketentuan baru yakni karantina serta masa berlaku PCR (48 jam) yang harus dilakukan oleh laboratorium terakreditasi yang mengeluarkan hasil dengan kode QR,” tulisnya.(ng)