PPKM Darurat, IDI Medan Keluarkan 5 Perintah Organisasi

Fokusmedan.com : Mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan PPKM Darurat yang berlaku 12-20 Juli 2021 mendatang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun mengeluarkan lima poin perintah organisasi kepada para dokter yang bertugas.

Ketua IDI Cabang Medan, dr Wijaya Juwarna SpTHT-KL menyampaikan, perintah organisasi tersebut sejalan dengan perintah Pengurus Besar (PB) IDI bernomor 05085/PB/A.3/06/2021 yang dikeluarkan pada 30 Juni 2021 kemarin. Hal ini kata dia, berlaku untuk seluruh dokter anggota IDI di Indonesia.

Ia memaparkan, lima perintah tersebut yakni, dokter yang bertugas diminta melaksanakan protokol kesehatan selama merawat pasien Covid-19 dan ruang bekerja atau tempat berpraktik sudah dilakukan sterilisasi untuk mengurangi kadar virus.

“Poin kedua, membatasi praktik tatap muka dan mengupayakan konsultasi secara daring agar pelayanan tetap berjalan,” sebutnya, Senin (12/7/2021).

Selanjutnya poin ketiga, lanjutnya, bagi dokter yang memiliki komorbid atau berusia di atas 60 tahun diminta untuk tidak berpraktik secara tatap muka.

Sementara untuk poin keempat, seluruh dokter diminta untuk tidak melakukan perjalanan keluar rumah/kota kecuali untuk keperluan mendesak.

“Yang terakhir, semua dokter yang terkonfirmasi hasil pemeriksaan PCR positif diminta untuk menghubungi helpline 117 ext.3 tim perlindungan tenaga kesehatan Satgas Covid-19 untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dalam perawatan,” tandasnya.(riz)