19/04/2024 12:31
FOKUS MEDAN

Pemko Medan Siapkan Hotel dan Apartemen untuk Isolasi Pasien Covid-19

Pemko Medan siapkan hotel untuk tempat isolasi pasien Covid-19. Ist

Fokusmedan.com : Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyiapkan apartemen dan hotel sebagai tempat isolasi pasien terpapar Covid-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus di Kota Medan

“Untuk treatment kita sudah siapkan tiga tempat ada kampus, apartemen dan aset kita sendiri yakni Hotel Soechi untuk tempat isolasi, mengantisipasi peningkatan kasus dan BOR rumah sakit menipis,” kata Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution, Senin (12/7/2021).

Namun lanjutnya, untuk BOR di rumah sakit Kota Medan masih di bawah 50 persen. Meski dalam tiga hari belakangan meningkat lantaran banyak rumah sakit yang menutup tempat tidur Covid-19.

“Ini juga akan kita tekankan kepada rumah sakit untuk mengikuti aturan yakni menyediakan 30 persen tempat tidur bagi pasien Covid-19,” jelasnya.

Dikatakan Bobby untuk pelaksanaan PPKM Darurat selain mengurangi mobilitas masyarakat dalam Instruksi Mendagri juga diatur yakni tracing, testing dan treatment.

Untuk tracing, kata Bobby diatur minimal 15 kontak erat dan untuk testing dihitung 406 orang.

“Hari ini untuk testing kita sudah lebih setengah yakni 800 orang perhari rata-rata,” ungkapnya.

Selain menyiapkan skema penanganan di lapangan, Bobby juga mengungkapkan akan menyediakan penanganan dampak PPKM Darurat berupa bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak selama penyekatan.

Bantuan berupa bahan kebutuhan pokok itu baik berasal dari pemerintah pusat maupun dari Pemko Medan yang berasal dari APBD.

“Kami sudah menyepakati saat rapat, untuk masyarakat yang terdampak akan diberikan bantuan sosial. Dari pemerintah pusat akan memberikan bantuan berupa 10 kilogram beras untuk masyarakat penerima BLT dan PKH. Sedangkan dari APBD Kota Medan sudah kita sediakan dan saat ini sedang dalam pendataan,” pungkasnya.(Rio)