Siswa SD dan SMP di Surabaya Mulai Divaksinasi Covid-19

Ilustrasi vaksinasi anak. Kodam IX Udayana

Fokusmedan.com : Pemerintah Kota Surabaya memastikan menggelar vaksinasi Covid-19 bagi anak berusia usia 12 tahun di Surabaya, Minggu (11/7) hari ini. Vaksin dosis pertama diperuntukkan pada pelajar jenjang SD dan SMP. Pelaksanaan akan digelar di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya.

“Mereka nanti diantar oleh masing-masing guru dan orang tuanya,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melansir CNNIndonesia, Minggu (11/7/2021)

Dengan dilangsungkannya vaksinasi Covid-19 bagi anak, maka imunisasi bagi masyarakat umum akan dihentikan sementara waktu.

“Saya sampaikan kepada seluruh warga Surabaya, vaksinasi umum kami hentikan dulu, sementara ini khusus untuk anak-anak SD dan SMP,” ucap dia.

Eri mengatakan, anak-anak calon penerima vaksin akan dihubungi oleh pihak Dispendik. Artinya, undangan vaksinasi akan disalurkan secara bertahap.

“Kami sudah panggil sekolah-sekolahnya, tidak semua sekolah di Surabaya, tapi akan bergantian,” ucap dia.

Kendati demikian, Eri memastikan bagi pelajar yang sekolahnya belum mendapatkan undangan vaksinasi, mereka akan memperoleh jatah penyuntikan di sekolah masing-masing.

“Ada sebagian memang. Jadi, nanti kami pecah-pecah, karena kalau semua di sini (G10N) juga tidak mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Supomo, mengatakan setidaknya ada 125 sekolah akan mengikuti vaksinasi di Gelora Sepuluh Nopember (G10N), Tambaksari, Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Jumlah itu merupakan total sekolah jenjang SD-SMP di Kota Surabaya yang sudah dikoordinasi oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

“Ada 125 SD-SMP di Surabaya yang akan mengikuti vaksinasi di G10N,” kata Supomo.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengirimkan undangan ke 125 kepala sekolah. Mereka diminta menghubungi wali murid di masing-masing sekolahnya.

Untuk syarat vaksinasi usia 12 tahun ke atas ini, peserta diminta menyertakan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) bagi yang sudah memiliki, atau kartu pelajar. Pelajar diminta untuk memakai seragam sekolah putih merah bagi siswa SD dan putih biru bagi siswa SMP.

Ia memastikan, semua pelajar SD-SMP di Kota Pahlawan akan memperoleh penyuntikan vaksin anti Covid-19.(ng)