Cara Meningkatkan Sistem Imun Keluarga dengan baik, Bantu Cegah Penyakit

Fokusmedan.com : Pandemi Covid-19 hingga kini masih menjadi ancaman kesehatan yang terus diwaspadai. Bahkan virus Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 terus bermutasi yang membentuk varian-varian baru. Mulai dari varian B.1617.2 atau Delta dari India, varian B.117 dari Inggris, dan varian B.1315 atau Beta dari Afrika Selatan.

Dikutip dari Liputan6.com, beberapa varian baru virus corona ini lebih cepat menular. Tidak heran, jika kini laju penularan Covid-19 di Indonesia semakin hari kian meningkat. Berdasarkan catatan terakhir per 10 Juli 2021, total kasus positif yang terjadi di Indonesia sudah menembus angka 2,49 juta kasus.

Dengan begitu, masyarakat harus menaati protokol kesehatan dengan baik. Seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker yang dianjurkan, membatasi kegiatan di luar rumah, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak. Selain itu, meningkatkan sistem imun tubuh juga penting dilakukan.

Menjaga imun tubuh ini perlu dilakukan oleh setiap individu. Bukan hanya itu, setiap keluarga perlu membangun sistem kesehatan imun yang baik. Dengan begitu, kesehatan masing-masing keluarga dapat terjaga dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit. Tentu ini menjadi hal penting yang perlu dilakukan saat-saat ini, mengingat virus corona masih mengancam kesehatan masyarakat.

Dilansir dari Verywell Family, berikut kami merangkum beberapa cara meningkatkan sistem imun keluarga dengan baik yang bisa dilakukan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Cara meningkatkan sistem imun keluarga dengan baik yang bisa dilakukan pertama yaitu dengan memperhatikan konsumsi sehari-hari. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Dalam hal ini, Anda perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak antioksidan untuk membantu menjaga fungsi daya tahan tubuh dengan baik.

Diet ini juga dapat membantu tubuh membangun sel darah putih yang melawan infeksi, memperbaiki cedera pada sel, dan melakukan apapun yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit.

Tidur yang Cukup

Cara meningkatkan sistem imun keluarga berikutnya dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan tidur dengan cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan orang dewasa dan anak-anak serta kesejahteraan umum.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan kognitif dan fisik termasuk peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan masalah jantung. Kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan fungsi hormonal dan berkurangnya ketidakmampuan untuk melawan infeksi.

Satu studi menunjukkan bahwa kehilangan tidur beberapa jam hanya dalam satu malam dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu kemampuannya untuk menjaga kesehatannya sendiri. Dengan begitu, Anda perlu menerapkan kebiasaan jam tidur keluarga yang tetap agar bisa membangun sistem imun yang kuat. Tentu kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan kebutuhan setiap individu.

Olahraga Rutin

Cara meningkatkan sistem imun keluarga selanjutnya dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dan teratur dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Olahraga teratur dengan intensitas yang cukup dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dan meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan ini ke seluruh tubuh. Sedikitnya 30 menit dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Sebaliknya, terlalu banyak olahraga dapat memiliki efek negatif, dan sebenarnya dapat menurunkan kekebalan. Penelitian telah menunjukkan bahwa fungsi sistem kekebalan tubuh menjadi menurun pada atlet yang melakukan latihan intensitas tinggi yang berkepanjangan, terus menerus. Dengan begitu, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk rajin berolahraga, setidaknya meluangkan waktu untuk berolahraga beberapa menit setiap hari.

Kelola Stres

Cara meningkatkan sistem imun keluarga juga perlu dilakukan dengan pengelolaan stres yang baik. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa terdapat hubungan antara faktor psikologis dengan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, kondisi stress kronis maupun sementara dapat memberikan efek fisiologis yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Meskipun tidak dapat dihindari, namun kondisi stres ini perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan gejala dan dampak yang berkepanjangan. Cobalah untuk melatih pengelolaan gejala stres dengan baik. Anda juga bisa membantu anak untuk melakukan hal ini ketika sedang stres.

Waspadai Tempat Umum

Mewaspadai tempat umum juga termasuk salah satu cara meningkatkan sistem imun keluarga dengan baik yang tak kalah penting dilakukan. Perlu diketahui, area tempat umum banyak ditemukan kuman dan bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatan. Tempat umum ini seperti restoran, toilet umum, hingga pegangan keranjang belanja yang digunakan banyak orang.

Masalah ini bisa diatasi dengan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Terlebih lagi saat makan, sebelumnya Anda perlu memastikan kebersihan tangan untuk meminimalisir risiko kuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, sebaiknya Anda tidak berbagi peralatan dengan orang lain ketika di luar rumah sehingga bisa mencegah kontaminasi kuman, bakteri, dan virus yang bisa mengancam kesehatan.

Menghindari Kebiasaan Buruk

Cara meningkatkan sistem imun keluarga selanjutnya yaitu dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan buruk ini meliputi merokok, konsumsi makanan berlemak tinggi, dan begadang. Dengan menghindari atau setidaknya mulai mengurangi beberapa hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan baik.

Anda juga perlu mengingatkan anggota keluarga lain untuk melakukan beberapa hal tersebut demi kebaikan keluarga. Ciptakan lingkungan yang suportif agar masing-masing anggota keluarga dapat melakukan usaha terbaik demi menjaga kesehatan.

Tertawa Bersama

Cara meningkatkan sistem imun keluarga yang terakhir namun tak kalah penting adalah tertawa bersama. Penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa sebenarnya dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan dengan meningkatkan sel penghasil antibodi dan membantu sel T bekerja lebih efektif.

Tertawa juga telah terbukti mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan hormon perasaan baik seperti endorfin. Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama keluarga. Seperti menonton film keluarga atau mencoba permainan bersama yang bisa memberikan hiburan yang menyenangkan.(yaya)