Kemenag Tetapkan Iduladha Pada Selasa 20 Juli 2021

Fokusmedan.com : Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Selasa tanggal 20 Juli 2021. Hasil ini ditetapkan Kementerian Agama usai melakukan sidang isbat bersama pihak terkait.

“Bahwa hilal seluruh hilal di Indonesia sudah di atas ufuk dan laporan hilal terlihat atau teramati secara mufakat sehingga 1 Dzulhijjah tahun 1442 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Ahad tanggal 11 Juli 2021 Masehi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat jumpa pers, Sabtu (10/7).

“Dan dengan begitu Hari Raya Iduladha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021 Masehi,” sambungnya.

Yaqut menambahkan, pemerintah sudah menetapkan aturan perayaan Idul Adha di wilayah zona PPKM darurat. Menag Yaqut pun telah menerbitkan aturan petunjuk teknis yaitu menutup sementara tempat ibadah di wilayah PPKM Darurat.

“Dengan menerbitkan edaran untuk meniadakan sementara di tempat tempat ibadah, terutama tempat tempat ibadah yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ucapnya.

Politikus PKB ini mengimbau masyarakat di wilayah PPKM Darurat mengikuti aturan dengan baik. Kata dia, persoalan pandemi harus diselesaikan dengan kompak.

“Pandemi Covid ini harus bisa kita atasi secara bersama sama dengan kerja sama baik dengan pemerintah dan masyarakat dengan pemerintah dengan pemeluk agama sehingga kita semua dengan kesadaran secara penuh dan direspon dengan aturan pemerintah,” pungkasnya.(yaya)