13 Warga Sikka Keracunan Usai Makan Ikan Buntal, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Warga Sikka keracunan usai makan ikan buntal. MNC Portal

Fokusmedan.com : Sebanyak 13 warga Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, NTT, keracunan ikan Buntal, pada Minggu (27/6/2021). Belasan orang itu dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tc Hillers Maumere. Sebanyak empat di antaranya meninggal, satu telah dipulangkan, dan delapan masih dirawat.

Kasubag Humas Polres Sikka Iptu Margono menjelaskan kronologi peristiwa yang terjadi pada Minggu (27/6/2021) itu.

Menurut Margono, belasan warga itu sedang berkumpul sambil mengonsumsi minuman beralkohol tradisional jenis moke di serambi rumah seorang warga. Mereka meminum moke dengan lauk pauk ikan. Tak lama kemudian, lauk pauk mereka habis.

Salah satu korban, berinisial KO menyuruh rekannya mengambil ikan yang sedang dimasak istrinya di rumah.

“Ikan itu dibawa ke tempat para korban untuk dimakan dan minum bersama,” kata Margono dilansir dari Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Tak lama setelah mengonsumsi ikan tersebut, belasan warga itu merasa pusing. Mereka pun mual dan muntah.

“Kepala pusing dan sakit serta lidah tebal, sehingga para korban diantar ke IGD Rs. TC. Hillers Maumere guna mendapat perawatan semestinya,” jelas Margono.

Namun, saat tiba di rumah sakit, empat warga meninggal.

“Tiba di rumah sakit, empat korban meninggal dunia. Sementara yang lainnya masih dirawat intensif di RSUD Tc Hillers Maumere,” tambahnya.

Polisi pun telah melakukan olah tempat kejadian perkara terkait kasus dugaan keracunan tersebut.

Tim medis Puskesmas Waigete dan petugas laboratorium Dinkes Sikka juga telah mengambil sampel sisa masakan ikan buntal yang dikonsumsi korban.

Sebelumnya, Kepala Desa Hoder Martina menjelaskan, belasan warganya itu diduga keracunan masakan ikan buntal. Mereka tiba-tiba pusing setelah memakan ikan tersebut.

“Setelah makan, mereka alami pusing dan mual-mual,” ungkap Martina di RSUD Maumere, Minggu (27/6/2021) malam.(ng)