Kapolda Sumut Pimpin Sertijab Karo Ops dan 3 Kapolres

Fokusmedan.com : Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra pimpin serahterima jabatan (sertijab) 3 Kapolres dan Karo Ops di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Selasa (22/6/2021).

Ketiga Kapolres itu yakni, Kapolres Langkat, Kapolres Tapanuli Tengah dan Kapolres Nias Selatan.

Panca mengatakan, seharusnya sertijab ini dilakukan terhadap tujuh Kapolres. Tetapi empat diantaranya yakni Kapolres Simalungun, Kapolres Sibolga, Kapolres Tanjung Balai dan Kapolres Asahan harus ditunda sekitar satu minggu karena ada beberapa tugas yang harus diselesaikan.

Untuk Karo Ops, Kombes Pol Makmur Ginting yang juga ikut disertijab, Panca mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang diberikannya kepada organisasi Polri dan juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

“Saya memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama bertugas di Polda Sumut,” ujarnya.

Sementara Karo Ops yang baru Kombes Pol Desman Sujaya Tarigan, Panca meminta agar segera menyesuaikan diri karena tantangan tugas yang dihadapi cukup besar.

Untuk pejabat lama Kapolres Langkat, Kapolres Tapanuli Tengah dan Kapolres Nias Selatan, Panca juga mengucapkan terima kasih atas tugasnya selama ini.

Ia juga mengingatkan bahwa tantangan yang lebih besar adalah penyebaran narkoba. Untuk itu dia menyampaikan agar anggota tidak bermain-main dengan Narkoba..

Seperti diketahui, ke-3 Kapolres yang disertijab itu yakni, Kapolres Langkat dari AKBP Edi Suranta Sinulingga digantikan AKBP Danu Pamungkas Totok.

Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto digantikan AKBP Jimmy Christian Samma dan Kapolres Nias Selatan AKBP Arke Furman Ambat digantikanAKBP Reinhard Habonaran Nainggolan.

Sedangkan 4 jabatan Kapolres yang ditunda, yakni Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo digantikan AKBP Nicolas Dedy Arifianto yang sebelumnya menjabat Kapolres Tapteng.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto digantikan oleh AKBP Putu Yudha Prawira yang sebelumnya menjabat Kapolres Tanjung Balai.

Kemudian Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dimutasi menjadi sebagai Kapolres Tanjung Balai digantikan AKBP Taryono Raharja yang sebelumnya Kasubdit III/Umum Direskrimum.(riz)