16 Nakes Positif Covid-19, Pelayanan RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sepekan

Ilustrasi positif Covid-19. Ist

Fokusmedan.com : Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menutup beberapa pelayanan menyusul 16 tenaga kesehatan (nakes) dilaporkan terpapar Covid-19. Penutupan sejumlah pelayanan dilakukan pada Kamis (17/4/2021) hingga Kamis (24/6/2021).

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, awalnya salah seorang perawat terdeteksi terpapar Covid-19. Kemudian disusul satu orang dokter juga terpapar Covid-19.

“Hasil pengembangan total dengan kasus awal ada 17 orang yang terpapar, 16 nakes dan satu orang anggota keluarga nakes,” kata Husein dikutip Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Belasan nakes tersebut terdiri atas dokter sebanyak 7 orang, perawat (5), rekam medis (2), analis(1) dan biarawati (1).

Sementara itu, Direktur RS Elisabeth Purwokerto dr Siswanto Budi Wijoto mengatakan, pelayanan yang dihentikan sementara yaitu, IGD, poli umum, poli gigi dan poli reumatologi.

“Kami sudah mengusahakan sistem sanitasi dan apapun sesuai protokol kesehatan di rumah sakit kami. Kami ingin terus melayani, meski dengan berbagai risiko, tapi kami juga perlu waktu untuk menyeterilkan ruangan-ruangan yang terpapar Covid-19. Maka yang dihentikan hanya beberapa pelayanan saja, lainnya masih bisa kami laksanakan,” jelas Siswanto.

Menurut Siswanto, nakes yang terpapar Covid-19 dalam kondisi baik.

“Semua yang terkonfirmasi, CT value-nya cukup tinggi, artinya jumlah virus sedikit dan tidak ada gejala berat. Namun untuk mencegah tersebarnya Covid-19 maka kami perlu benar-benar dalam keadaan yang aman dalam menangani pasien,” kata Siswanto.(ng)