20/04/2024 17:09
NASIONAL

Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,1 di Maluku Tengah, 7.227 Warga Mengungsi

Warga Maluku Tengah mengungsi ke hutan. Ist

Fokusmedan.com : Sehari setelah gempa, ribuan warga di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah dan sekitarnya masih mengungsi di hutan dan lokasi ketinggian yang ada di sejumlah desa di wilayah tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah mencatat hingga Kamis (17/6/2021) pagi masih ada sebanyak 7.227 warga yang masih terus bertahan di sejumlah lokasi pengungsian yang tersebar di beberapa desa.

“Sampai hari ini ada 7.227 jiwa warga yang masih mengungsi,” kata Kepala BPBD Abdul Latif Key dikutip Kompas.com.

Latif menyebut, banyak warga yang memilih mengungsi ke lokasi ketinggian dan hutan lantaran rumah mereka mengalami kerusakan.

Selain itu, banyak warga juga yang mengungsi karena rumah mereka di pesisir pantai. “Umumnya, rumah-rumah mereka rusak dan sebagian karena rumahnya di sekitar pantai,” kata dia.

BPBD, kata dia, mulai menyalurkan bantuan kepada warga yang hingga saat ini masih mengungsi di lokasi pengungsian.
Adapapun bantuan yang disalurkan berupa tenda darurat, terpal, tikar dan juga selimut.

“Bantuan yang sifatnya mendesak seperti tenda, terpal dan juga selimut sudah kami salurkan saat ini,” kata dia.

Hamsal Kinlihu, salah seorang warga Dusun Mahu, Desa Tehoru yang dihubungi secara terpisah mengaku ia dan keluarganya memilih mengungsi ke lokasi aman karena rumahnya mengalami kerusakan parah dan tak bisa ditempati saat ini.

“Rumah saya rusak parah, di dusun kami ada 20 rumah yang rusak dan kondisinya parah jadi kami terpaksa mengungsi dan tidur di gunung,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Maluku Tengah Rabu (16/6/2021) pukul 13.43 WIT. Gempa tersebut ikut menyebabkan terjadinya tsunami setinggi 0,5 meter di wilayah tersebut.(ng)