11.600 Personel Gabungan Dikerahkan Untuk Melaksanakan Pengamanan Idul Fitri di Sumut

Fokusmedan.com : Sebanyak 11.600 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H sekaligus bertugas melakukan penyekatan larangan mudik di Sumut.

Adapun jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 7.700 personel Polri, 1.200 personel TNI dan 2.700 personel dari pemerintah daerah.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan, personel gabungan tersebut akan ditempatkan di lokasi yang menjadi perhatian seperti di perbatasan provinsi dan kabupaten/kota.

“Penempatan personel menyebar dan di tempat yang menjadi perhatian kita,” sebutnya usai menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Udara Soewondo, Medan, Rabu (5/5/2021).

Ia memaparkan, penyekatan antar provinsi terdapat 9 Pos, sedangkan penyekatan antar kabupaten/kota  73 Pos.

“Semuanya kita jaga bersama-sama secara terpadu untuk memastikan masyarakat tidak ada melaksanakan mudik guna menekan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Sementara untuk lokasi keramaian seperti Mall atau pasar, lanjutnya, personel gabungan juga akan ditempatkan.

“Kita harapkan pelaksanaan Idul Fitri dijalankan secara sederhana,” sebutnya.

Sebelumnya, Polda Sumut bersama Kodam I/BB dan Pemprovsu menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Udara Soewondo, Medan. Apel pasukan itu dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi.(riz)