20/04/2024 12:27
SUMUT

PT KAI Divre I Sumut Tetap Layani Penumpang pada 6-17 Mei 2021

PT KAI Divre I Sumut layani penumpang pada 6-17 Mei 2021. Ist

Fokusmedan.com : PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara memastikan tidak melayani penumpang mudik Lebaran tahun 2021. Namun, pihaknya melayani penumpang non mudik melakukan perjalanan antar Kabupaten/Kota di Sumut pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono menjelaskan layanan perjalanan tersebut, bukan untuk penumpang mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

“Betul, KAI akan mengoperasikan KA antar kota. Namun, bukan untuk orang-orang dengan keperluan mudik,” sebut Mahendro, Selasa (4/5/2021).

Sedangkan, tanggal dimaksud itu adalah kebijakan dari Pemerintah Indonesia melarang rakyatnya untuk melakukan perjalanan mudik pada lebaran tahun ini. Mahendro menjelaskan ada peraturan angkutan umum bagi masyarakat atau non mudik.‎

“Yang boleh menggunakan KA antar kota pada masa peniadaan mudik, tanggal 6-17 Mei 2021, adalah orang-orang dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik sesuai aturan pemerintah,” jelas Mahendro.

Tidak ada angkutan lebaran dilakukan PT KAI. Namun, Balai Teknik Perkeretaapian Sumut tetap melakukan pengecakan dan perawatan setiap bulannya untuk seluruh sarana dan prasaran dimiliki kereta api.‎

“(Perawatan dan pengecekan) tidak ada yang kusus. Karena kan jumlah perjalanan yang berkurang, tidak seperti angkutan lebaran biasanya. ‎Jadi hanya ada perawatan dan pengecekan rutin yang sudah terjadwal,” jelas Mahendro.(ng)