20/04/2024 19:19
NASIONAL

Hampir Seluruh Daerah di NTT Terdampak Banjir Bandang dan Longsor

Banjir bandang di Desa Waiburak,Kecamatan Adonara Timur, NTT. Antara/Humas BNPB

Fokusmedan.com : Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi mengatakan, hampir seluruh daerah di NTT terdampak bencana banjir dan tanah longsor.
Namun, ada delapan daerah dengan kondisi kerusakan terparah.

“Dampak dari siklon tropis Seroja ini sangat besar sekali, karena hampir seluruh kebupaten yang ada di NTT ini terdampak. Tapi ekskalasinya ada yang ringan, sedang dan berat,” ujar Joseph dalam konferensi pers virtual pada Senin (5/4/2021) malam.

“Yang berat itu 8 kabupaten/kota, antara lain Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Malaka, Kabupaten Sabu Raijua,” lanjutnya.

Hingga Senin malam, dilansir dari Kompas.com, Pemprov NTT mencatat ada 84 korban meninggal dunia akibat bencana banjir dan tanah longsor. Sementara itu, 71 orang masih dalam pencarian.

Mengingat situasi saat ini masih dalam kondisi pandemi, Joseph mengingatkan agar masyarakat di NTT menghindari kerumunan.

“Kami minta masyarakat menghindari kerumunan. Dan kami mengimbau agar tokoh-tokoh masyarakat bisa meminjamkan tempat mereka supaya tidak terjadi ekskalasi (kerumunan warga yang mengungsi),” tambahnya.(ng)