Tanoto Foundation Kembali Buka Kesempatan Beasiswa Pelajar di 2021

Program Manager Medan Initiative Tanoto Foundation, Jeffrey Jeo. Ist

Fokusmedan.com : Tanoto Foundation kembali membuka kesempatan beasiswa bagi SMP, SMA/SMK di 2021. Kuota beasiswa yang ditawarkan kepada sekolah mitra ini sekitar 165 siswa.

Program Manager Medan Initiative Tanoto Foundation, Jeffrey Jeo mengatakan, Tanoto Youth Scholarship yang merupakan program beasiswa sekolah menengah sudah ada sejak 2010. Setiap tahun, sebanyak 165 siswa SMP dan SMA/SMK yang mendapatkan beasiswa yang berasal dari 20 sekolah mitra Tanoto Foundation.

“Di 2021 ini, Tanoto Foundation kembali membuka kesempatan bagi 165 siswa dari 20 sekolah yang selama ini menjadi mitra Tanoto untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang diberikan berupa SPP siswa sampai akhir jenjang sekolah,” ungkap Jeffrey saat media gathering secara virtual, Rabu (24/3/2021).

Dikatakan dia, ada keinginan penerima beasiswa ditambah. Hal ini mengingat masih banyak siswa dan sekolah yang membutuhkan bantuan.

“Total alumni penerima beasiswa hingga saat ini ada 550 orang. Tahun ini, untuk pertama kalinya akan menggelar gathering alumni Tanoto Youth Scholar yang rencananya akan kita kumpulkan pada bulan Juli mendatang,” kata Jeffrey.

Sementara, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Sumatera Utara, Yusri Nasution menuturkan, Tanoto Foundation terus berkomitmen menjadi katalis untuk perubahan, menciptakan model untuk replikasi dan mendukung perubahan kebijakan untuk keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan keadaan yang terjadi saat ini pasca pandemi Covid-19.

“Komitmen ini kami wujudkan dengan mendukung transformasi pembelajaran jarak jauh pada berbagai tingkat pemangku kepentingan, memodelkan proses transformasi dari model konvensional ke model berbasis teknologi dan menyebarluaskan praktik-praktik baik sementara mengurangi kesenjangan sumber daya,” ujar Yusri.

Ia menyebutkan, di tahun 2021 pihaknya sudah menyusun sejumlah agenda yang akan dijalankan di kabupaten/kota yang menjadi dampingan.

“Tentunya agenda kita tidak jauh-jauh dari penguatan fasilitator daerah dalam hal ini guru-guru yah, baik dari tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah termasuk juga kelompok belajar pasca pelatihan,” kata dia.

Direktur External Affairs Tanoto Foundation, Ari Gudadi mengatakan, di tengah pandemi saat ini, pihaknya tidak hanya peduli terhadap dunia pendidikan. Tanoto Foundation juga membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan pemberian alat kesehatan berupa masker, handsanitizer dan lainnya bagi tenaga kesehatan di Sumatera Utara.

“Kita berharap agar kiranya bisa bertahan dan bertansformasi dalam menghadapi pandemi ini. Dan semoga pandemi ini dapat berlalu sehingga semua kembali berjalan normal,” pungkasnya.(ng)