Besok, RSUP Adam Malik Siapkan Vaksin Covid-19 Untuk 200 Lansia

Fokusmedan.com : Pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 secara massal untuk masyarakat yang berumur di atas 60 tahun akan dilaksankan pada Senin (8/3/2021) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Hal itu disampaikan Kasubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak kepada wartawan, Minggu (7/3/2021).

Untuk mendapatkan vaksin Covid-19, masyarakat dapat melakukan registrasi secara online pada link: http://regvaksin.sirsmandiri.com/lansia yang telah mereka buat, kemudian membawa KTP.

“KTP itu untuk verifikasi karena diregistrasi online ada pemilihan hari dan jam untuk vaksinasi ini. Namun saat ini hanya melayani KTP Medan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan pemberian vaksin tersebut pihaknya membatasi peserta hingga 200 orang perhari. Hal ini dilakukan agar mencegah adanya kerumunan.

“Kan harus ada sosial distancing juga, makanya diperlukan registrasi online,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan pemberian vaksin, pihaknya tetap menyesuaikan ketersediaan stok vaksin yang tersedia.

“Meski sudah registrasi online , calon penerima vaksin harus melewati screening dan bila tidak memenuhi syarat nggak bisa diberikan,” tegasnya.

Ia menambahkan, bagi penderita diabetes diwajibkan menyertakan hasil pemeriksaan gula darah terakhirnya. Selanjutnya, bagi yang mempunyai komorbid, harus terkontrol.

“Kita memgimbau agar lansia yang termasuk kelompok beresiko terpapar Covid-19 untuk ikut program pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19,” tandasnya.(riz)