BMKG Deteksi Terdapat 38 Titik Panas di Sumut

Peta sebaran titik panas di Sumut. Ist

Fokusmedan.com : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mendeteksi pada, Selasa (23/2/2021) hari ini, terdapat 38 titik panas di wilayah Sumatera Utara.

“Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) terdapat 38 titik panas di Propinsi Sumatera Utara,” kata prakirawan BMKG Medan Endah Paramita kepada wartawan.

Ia mengatakan adapun sebaran titik panas di Sumut yakni melingkupi wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat 2 titik panas, Labuhan Batu Selatan 1 titik, Mandailing Natal 9 titik, Tapanuli Selatan 1 titik.

Tapanuli Utara 3 titik, Toba Samosir 1 titik, Asahan 1 titik, Dairi 4 titik, Karo 7 titik, Labuhan Batu 1 titik, dan Sibolga 8 titik.

Jumlah titik panas di wilayah Sumut terus mengalami kenaikan. Titik panas ini juga mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan.

Sementara, Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang, Syafrinal kepada wartawan menjelaskan analisis perkembangan musim yang dilakukan pihaknya menyatakan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Sumatera Utara sudah memasuki periode musim kemarau yang ditandai oleh penurunan intensitas curah hujan

“Beberapa hari terakhir kondisi cuaca di wilayah Kota Medan pada umumnya dalam keadaan cerah berawan hingga berawan,” ujarnya.

Syafrinal mengatakan ditinjau dari kondisi dinamika atmosfenya, pola angin di Sumatera Utara didominasi dari arah Timur Laut. Tidak terdapatnya gangguan siklonik bisa mempengaruhi pembentukan awan konvektif penyebab hujan sehingga curah hujan yang terjadi di wilayah Sumatera Utara menjadi tidak signifikan.

“Analisis pada dasarian I Februari 2021, sebagian besar wilayah Sumatera Utara telah memasuki musim kemarau, termasuk Kota Medan,” ungkapnya.

Untuk beberapa hari ke depan, sambung Syafrinal cuaca di wilayah Kota Medan diprakirakan secara umum dalam kondisi cerah berawan hingga berawan pada pagi hingga sore hari, dan berawan hingga hujan ringan pada malam hingga dini hari.

Sedangkan dari kondisi Iklim, diprakiraan curah hujan bulanan pada Februari 2021 menunjukkan bahwa di sebagian besar wilayah Sumatera Utara umumnya berada kategori Rendah (21-50 mm) hingga Menengah (101-200 mm).

(Rio)