8 Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bantu Redakan Sesak Napas

Fokusmedan.com : Sirsak merupakan jenis buah yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan asam menjadikan buah ini cukup digemari oleh semua kalangan. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Melansir dari Healthline, daun sirsak memiliki kandungan vitamin C, kalsium, senyawa fitokimia, hingga karbohidrat yang dipercaya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Rebusan daun sirsak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.

Meski begitu, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya dikonsumsi secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter. Berikut beberapa khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan yang dilansir dari Liputan6.com:

Mencegah Herves

Herpes merupakan nama kelompok virus yang dapat membuat kulit atau tubuh manusia terinfeksi. Salah satu jenisnya adalah herpes simplek, virus ini dapat menyebabkan infeksi pada mulut dan kelamin. Salah satu cara alternatif mengobati penyakit ini dengan mengonsumsi sirsak.

Daun sirsak memiliki efek antivirus yang berfungsi mengatasi herpes simplek 2 (HSV-2). Kandungan ini dapat membunuh berbagai macam bakteri, virus, serta parasit. Selain itu, khasiat rebusan daun sirsak juga dapat memulihkan tubuh setelah terkena infeksi.

Mengatasi Peradangan

Radang merupakan salah satu penyakit yang ditandai adanya infeksi serta iritasi seperti lebam, nyeri, hingga memar. Hal ini disebabkan karena terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Salah satu pengobatan alternatif yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi rebusan daun sirsak.

Mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur dapat menurunkan risiko peradangan. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa kandungan sirsak berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, manfaat rebusan daun sirsak juga dapat membantu mengurangi rasa sakit peradangan.

Mengatasi Sesak Napas

Khasiat rebusan daun sirsak selanjutnya, yaitu dapat meredakan sesak napas. Daun sirsak memiliki sifat espektoran yang berperan penting meredakan dahak dan lendir.

Selain itu, daun sirsak juga mengandung asam askrobat yang dapat membantu mencegah radikal bebas dan infeksi. Agar mendapatkan hasil optimal, sebaiknya mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin dan teratur.

Mengatasi Diabetes

Khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya untuk mengatasi diabetes. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini karena daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois, dan polifenol. Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Mengatasi Asam Urat

Tak hanya untuk mengobati diabetes, manfaat rebusan daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, Anda hanya perlu meminum rebusan daun ini. Caranya pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

Menurunkan Resiko Stres

Daun sirsak memiliki efek anti peradangan yang dapat membantu seseorang menjadi lebih tenang. Sehingga, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur dapat membuat menurunkan risiko stres.

Bagi Anda yang sering mengalami stres akibat banyaknya aktivitas dan tuntutan pekerjaan, sebaiknya mengonsumsi rebusan daun sirsak. Pasalnya, kandungan daun sirsak dapat membantu menjaga mood dan memberikan efek bahagia untuk Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat rebusan daun sirsak berikutnya, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, B1, dan B2 pada sirsak berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes.

Selain itu, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

Menurunkan Risiko Kanker

Khasiat rebusan daun sirsak lainnya, yaitu mencegah risiko kanker dalam tubuh. Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan sejak dini. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak.

Hasil studi Vivo dan Vitro pada tahun 2012 menemukan bahwa daun sirsak mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi melawan pertumbuhan sel-sel kanker.(yaya)