Tanda Kolesterol Tinggi Serta Penyebabnya, Cegah Sebelum Terlambat

Fokusmedan.com : Dalam setiap tubuh manusia terdapat kolesterol, yaitu suatu senyawa yang sifatnya mirip dengan lemak yang hidup secara alami di beberapa bagian tubuh, seperti otak, saraf, otot, usus, hati serta jantung. Kolesterol datang dari dua sumber, yaitu diproduksi hati atau lewat makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol merupakan liin seperti lemak yang dapat ditemukan pada semua se di dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang negatif. Hampir semua orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi harus dihindari. Namun, tahukah kamu sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh?

Tubuh akan memerlukan zat ini untuk membuat berbagai macam hormon testoteron, kortisol, estrogen, vitamin D serta asam empedu yang dapat membantu mencerna lemak dari makanan. Tubuh sebenarnya bisa membuat semua zat tersebut sesuai kebutuhan, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah kecil.

Jika kadar kolesterol normal memang akan baik bagi kesehatan tubuh. Namun, jika kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita justru sebaliknya, akan berdampak buruk. Apa saja tandanya? Tanda kolesterol tinggi dapat dikenali dari berbagai macam tandanya. Dilansir dari Liputan6, berikut ini kami telah rangkum tanda kolesterol tinggi serta penyebabnya:

Tanda Kolesterol Tinggi

1. Bengkak serta Mati Rasa Anggota Badan

Tanda kolesterol tinggi yang pertama adalah bengkak serta mati rasa pada anggota badan. Hal ini merupakan salah satu dari gejala yang menunjukkan bahwa tubuh kita telah miliki kadar kolesterol yang tinggi.

Bengkak serta mati rasa akan dapat terjadi akibat akumulasi lipid menyumbat sirkulasi darah. Tanda kolesterol tinggi satu ini dapat menyebabkan berkurangnya pengiriman oksigen beserta nutrisi ke otot.

2. Halitosis

Tanda kolesterol tinggi yang berikutnya adalah halitosis. Bau napas atau yang dikenal dengan halitosis merupakan gejala paling umum yang terjadi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Karena zat ini disekresikan di hati, terlalu banyak kolesterol menimbulkan gangguan serius dalam pencernaan. Gejala kolesterol satu ini menyebabkan kekeringan dan bau tak sedap di mulut.

Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

3. Pusing Disertai Sakit Kepala

Tanda kolesterol tinggi berikutnya adalah akan mengalami pusing serta sakit kepala. Kolesterol dapat mengendap di arteri, hal ini mengganggu sirkulasi darah dan oksigen pada sel. Gejala kolesterol satu ini menyebabkan pusing dan sakit kepala.

4. Sembelit

Tanda kolesterol tinggi yang berikutnya adalah sembelit. Penumpukan lipid pada arteri juga memberikan efek pada pencernaan, seperti sembelit. Ini bisa jadi karena beberapa faktor, tapi salah satunya bisa jadi karena kadar kolesterol tidak terkontrol.(yaya)