Update Covid-19 Sumut, Penderita Bertambah 90 Kasus

Ilustrasi virus corona. Getty Images

Fokusmedan.com : Satgas Covid-19 kembali mengupdate data terkini penyebaran Covid-19, Selasa (26/1/2021). Tercatat ada penambahan kasus 90 kasus baru.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, karenanya saat ini akumulasi kasus positif di Sumut sejak kejadian pertama pada Maret lalu sudah mencapai 20.403 orang.

“Penambahan 90 kasus ini dari laporan 18 Kabupaten/Kota, dengan jumlah terbanyak berasal dari Medan yaitu 31 orang, Deliserdang 19 orang dan Langkat 11 orang,” ungkapnya.

Baca Juga : Takut Terpapar Gas Beracun, Ratusan Warga di Madina Pilih Mengungsi ke Masjid ‎

Sementara itu, terhadap peningkatan angka kesembuhan, jelas dia, diperoleh sebanyak 89 orang. Untuk itu, capaian penderita Covid-19 di Sumut kini telah mencapai 17.654 orang.

“Total 89 itu didapatkan dari laporan delapan Kabupaten/Kota, dengan terbanyak berasal dari Medan yakni 70 orang dan Deliserdang sembilan orang,” jelasnya.

Aris melanjutkan, sedangkan untuk kasus kematian juga kembali diperoleh penambahan sebanyak dua kasus, sehingga akumulasinya kini menjadi 732 orang. Keduanya tambah Aris, didapatkan dari Laporan Kabupaten Langkat.

“Oleh karena itu, jumlah penderita atau kasus aktif Covid-19 di Sumut kini ada 2.017 orang yang tengah melakukan rawatan isolasi,” tandasnya.

Terpisah, berdasarkan laporan Satgas Penanganan Covid-19 pusat yang disampaikan melalui website covid19.go.id, diketahui bahwasanya Kota Medan masih tetap bertahan di zona merah (risiko tinggi) penyebaran Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang dilakukan pertanggal 24 Januari 2021.

Sedangkan untuk zona kuning (risiko sedang) didapatkan dari tiga Kabupaten/Kota yaitu Tapanuli Utara, Asahan dan Padang Sidimpuan. Lalu untuk zona hijau juga tiga Kabupaten yakni, Nias, Nias Utara dan Nias Barat.

Aris menyebutkan, untuk Kota Medan jumlah kasus aktifnya saat ini ada 903 orang penderita. Angka ini diperoleh dari akumulasi kasus sebanyak 9.989 orang dengan 8.734 diantaranya sembuh dan 352 lainnya meninggal.

Kemudian untuk Tapanuli Utara yang berzona kuning kasus aktifnya ada sembilan orang. Angka ini didapatkan dari 151 akumulasi kasus konfirmasi dengan 140 diantaranya sembuh dan dua meninggal.

Berikutnya Asahan kasus aktifnya ada 62 orang, yang didapatkan dari 389 kasus positif dengan 312 diantaranya sembuh dan 15 meninggal. Lalu Padang Sidempuan kasus aktifnya ada sembilan orang, dengan 194 kasus konfirmasi dan 180 diantaranya sembuh serta sembilan orang meninggal.

Selanjutnya untuk zona hijau, yakni Kabupaten Nias kasus aktifnya kini tinggal satu orang dari 36 kasus konfirmasi dan 35 sembuh. Kemudian Nias Barat kasus aktifnya kini tinggal satu orang dari 17 kasus konfirmasi dengan 16 diantaranya sembuh.

“Nias Utara kini menjadi satu-satunya wilayah di Sumut yang zero kasus Covid-19. Di mana dari 12 akumulasi kasus konfirmasi, kesemuanya sudah dinyatakan sembuh,” tandasnya.

(Riz)